Tim KKNT Unisri Sosialisasi Pembuatan dan Pelatihan Minuman Bawang Dayak Asli Kalimantan

Print Friendly and PDF

 

Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan minuman Bawang Dayak Tanaman Asli Kalimantan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Dan Ide Kewirausahaan Di Era Pandemi kepada warga.

Tim KKNT Unisri Sosialisasi Pembuatan dan Pelatihan Minuman Bawang Dayak Asli Kalimantan

Sragen- majalahlarise.com -Tim Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) “MEWUJUDKAN DESA BANGKIT” dari Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI) Solo mengadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan minuman Bawang Dayak Tanaman Asli Kalimantan Untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh Dan Ide Kewirausahaan Di Era Pandemi Kepada warga.

Kegiatan tim KKNT “MBKM MEWUJUDKAN DESA BANGKIT” ini  untuk memberikan pengetahuan salah satu manfaat dari Bawang Dayak asli Kalimantan dapat meningkatkan imunitas tubuh khususnya bagi lansia agar tidak terpapar Covid-19 dan pelatihan pembuatan Bawang Dayak asli Kalimantan tersebut, dapat menjadi ide usaha baru bagi warga yang sulit mencari pekerjaan karena adanya dampak pandemi Virus Covid-19.

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan Bawang Dayak tanaman asli Kalimanntan dilaksanakan oleh tim KKN MBKM, Vinda Lestari dari Kelompok 05 dengan DPL Drs. Suprayitno, M.Si. Dengan Bantuan Dena febriana dan Via Nur Diana dari Kelompok 05 dengan DPL Drs. Suprayitno, M. Si di Lingkungan Demplot Kelompok Tani Wanita (KTW) “SUBUR MAKMUR” Dk. Putatan Rt. 13, Jenggrik, Kedawung, Sragen. Minggu, (1/8/2021).


Baca juga: Kelompok KKNT 37 Unisri Laksanakan Program Pengabdian di Dukuh Mundu  Gedongan, Plupuh, Sragen

Menurut Vinda Lestari kegiatan sosialisasi yang diikuti sebanyak 10 anggota Kelompok Tani Wanita (KTW) Dk. Putatan Rt 13, Jenggrik, Kedawung, Sragen. “Sosialisasi dan pelatihan pembuatan minuman Bawang Dayak untuk meningkatkan imunitas dan ide kewirausahaan baru di era  pandemi, dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan jumlah peserta terbatas yang sesuai dengan aturan pemerintah," terangnya.

Pada saat kegiatan berlangsung semua anggota dari Kelompok Tani Wanita (KTW), Menerima dengan baik dan mengucapkan banyak terimakasih atas inovasi baru yang datangnya Bawang Dayak tanaman asli Kalimantan tersebut dapat menjadikan peluang usaha bagi warga khususnya pada Kelompok Tani Wanita (KTW) yang sekaligus dapat dikonsumsi sendiri untuk meningkatkan imunitas tubuh di era Pandemi.

Tim KKNT “MBKM MEWUJUDKAN DESA BANGKIT” dalam penyampaian pengetahuan dengan bahasa yang sederhana dan komunikatif, mudah di pahami menjelaskan apa itu bawang dayak, khasiatnya, dan langsung mempraktekkan bagaimana cara pembuatan minumannya.

Diakhir acara tim KKNT “MBKM MEWUJUDKAN DESA BANGKIT” UNISRI, mengajak para anggota Kelompok Tani Wanita (KTW) untuk meneruskan materi yang disampaikan kepada para warga dilingkungannya, dan memberikan Tanaman Bawang Dayak Asli Kalimantan untuk di tanam pada lahan perkarangan yang ada guna di budidayakan atau dikembangkan agar Bawang Dayak Asli Kalimantan tersebut, menjadi salah satu cara untuk menjadikan desa Jenggrik sebagai desa bangkit dalam perekonomian dan pencegahan virus Covid-19.

"Tanaman Bawang Dayak Asli Kalimantan tidak membutuhkan lahan luas, tetapi tanaman relatif langka dicari di luar Kalimantan, namun sangat bermanfaat bagi kesehatan khususnya untuk meningkatkan imunitas tubuh agar tidak terpapar Covid-19 dan belum banyak dijumpai. Maka peluang ide usaha baru cukup besar  dengan bantuan bibit tanaman dari Tim KKNT “MBKM WUJUDKAN DESA BANGKIT” Universitas Slamet Riyadi Surakarta," jelasnya. (Sofyan)


Baca juga: 150 Dosen dan Mahasiswa Ikuti Riset Fair Nasional Unisri




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top