Mahasiswa KKNT Unisri Sosialisasi Bahaya Produk UMKM Dimanipulasi

Print Friendly and PDF

Dita Utami mengadakan program kegiatan sosialisasi bahaya produk UMKM yang dimanipulasi dengan bahan yang kurang memenuhi.

 

Mahasiswa KKNT Unisri Sosialisasi Bahaya Produk UMKM Dimanipulasi

Sukoharjo- majalahlarise.com -Dalam menjalankan bisnis atau Usaha mikro, kecil, menengah (UMKM) tentu harus menerapkan etika bisnis. Salah satunya adalah jujur atau tidak berbohong. Namun pada kenyataannya masih banyak ditemukan pelaku bisnis atau UMKM yang melanggar etika bisnis tersebut. Misalnya pada pelaku UMKM makanan, sambal sisa kemarin yang sudah sedikit tercium bau basi dimasak ulang dengan ditambah cabai busuk untuk dihidangkan kembali. Hal tersebut memicu terganggunya kesehatan bagi para konsumennya.
Terlebih pada kondisi pandemi covid - 19 sekarang ini banyak pelaku UMKM yang terdampak.

Dengan situasi seperti ini tidak sedikit pula pelaku UMKM yang memanfaatkan keadaan untuk memanipulasi UMKMnya supaya tetap bisa berjalan. Maka sehubungan adanya fenomena tersebut, Mahasiswa KKNT Unisri, Dita Utami mengadakan program kegiatan sosialisasi bahaya produk UMKM yang dimanipulasi dengan bahan yang kurang memenuhi standar kesehatan. Sosialisasi ini berlokasi di rumah warga Bulakan RT 01, Kabupaten Sukoharjo. Senin (23/8/2021).

Menurut Dita Utami dalam keterangan tertulis menyampaikan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa KKN dalam memberikan pengetahuan bahaya produk UMKM yang dimanipulasi dengan bahan yang tidak memenuhi standar kesehatan dan mencegah terjadinya manipulasi bahan kembalinya siklus perekonomian dalam situasi pandemi Covid -19.

Dirinya berharap kepada warga Bulakan untuk memberikan pelayanan maupun produk UMKM yang sehat terlebih daya saing antar pelaku UMKM.

Kegiatan ini mendapatkan tanggapan yang baik dari pelaku UMKM yakni bapak Anto. "Dengan adanya sosialisasi seperti ini memberikan pengetahuan kepada saya sebagai pelaku UMKM. Saya akan lebih waspada lagi kedepannya untuk usaha saya dan akan menjaga kualitas produk UMKM supaya konsumen merasa puas dengan produknya," tuturnya. (Sofyan)


Baca juga: KKNT Unisri Penyuluhan Hidup Sehat dengan Wedang Uwuh di Desa Bulurejo


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top