Mahasiswa KKN-T Unisri 2021 Bangkitkan UMKM Kerupuk Bawang di Desa Ketanggung Sine Ngawi

Print Friendly and PDF

Ririn Dwi Suryani membantu pengemasan serta pengembangan produk UMKM kerupuk bawang.

Mahasiswa KKN-T Unisri 2021 Bangkitkan UMKM Kerupuk Bawang di Desa Ketanggung Sine Ngawi

Ngawi- majalahlarise.com - Ririn Dwi Suryani mahasiswa prodi Akuntansi Universitas Slamet Riyadi Surakarta dari kelompok 42 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Andri Astuti Itasari S.Sos, M.I.Kom melaksanakan program KKN-T yaitu membangkitkan UMKM Kerupuk Bawang dengan memperluas pemasaran memanfaatkan social media marketing untuk meningkatkan pendapatan dimasa pandemi  Covid-19 di desa Ketanggung, Sine, Ngawi, Jawa Timur. Program kerja KKN-T “MBKM Wujudkan Desa Bangkit” dilaksanakan mulai tanggal 26 Juli sampai dengan 31 Agustus 2021. 

"Dipilih program ini karena di Desa Ketanggung, Sine hampir sebagian warga mempunyai usaha sampingan yaitu membuat kerupuk bawang. Proses pembuatan kerupuk bawang memiliki bahan yang mudah dicari di pasar atau pun toko sekitar, yaitu tepung tapioka, tepung terigu serta bumbu-bumbu. Namun saat ini, produktifitas para pembuat kerupuk bawang di desa Ketanggung mengalami penurunan disebabkan masa pandemi Covid-19," terang Ririn Dwi Suryani kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut dikatakan Ririn, banyak kegiatan yang dilakukan di rumah dan berbagai macam kebutuhan dilakukan secara online menjadikan pendapatan UMKM kerupuk bawang menurun dratis. Untuk itu, pemasaran kerupuk bawang perlu terus dikembangkan dengan sentuhan teknologi.

"Dengan terlaksanya program ini, kami berharap pelaku UMKM Kerupuk Bawang dapat terus mengembangkan pemasarannya menjadi lebih luas dan dapat meningkatkan pendapatan di masa pandemi Covid-19. Serta mengubah pemasaran tradisional dengan pemasaran digital," katanya.

Ditambahkan, pihaknya tidak hanya memberikan teori saja tetapi memberikan pelatihan terkait memanfaatkan media sosial sebagai peluang usaha dan media pemasaran untuk produk mereka serta bagaimana memaksimalkan media sosial dalam mengembangkan bisnis. (Sofyan)


Baca juga: KKNT Unisri Penyuluhan dan Pelatihan Penggunaan STTP (Sodium tripoliposfat)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top