Literasi Keuangan kepada Anak Melalui Kreativitas Pembuatan Celengan Unik

Print Friendly and PDF

 

Shinta Karina Putri saat memperagakan cara penggunaan celengan unik dari kardus.

Literasi Keuangan kepada Anak Melalui Kreativitas Pembuatan Celengan Unik

Pacitan- majalahlarise.com -Menabung merupakan salah satu kebiasaan yang wajib ditanamkan sejak dini. Tentu saja dengan menabung, anak-anak dengan sendirinya mulai belajar bertanggung jawab dalam memegang uang. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menanamkan rasa gemar menabung pada anak. Tetapi bukanlah hal yang mudah untuk mengajarkan untuk menabung, dikarenakan pemikiran mereka yang masih sangat dini dan hanya membuatnya berfikir untuk bermain.

Mahasiswa KKN-T Unisri, Shinta Karina Putri dari prodi akuntansi yang berasal dari Pacitan, Jawa Timur dengan Dosen Pendamping Vivi Nuraini S.Pi., M.Sc dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Setyaningsih SU, SE, MM mempunyai kegiatan yaitu berinisiatif untuk membuat celengan unik dari kardus bersama anak-anak di Dusun Kendal, Desa Wareng, Kecamatan. Punung, Kabupaten. Pacitan. Selasa (24/8/2021).

Tujuannya agar anak dapat mengenali literasi keuangan melalui kebiasaan menabung. Dengan anak tertarik pada celengan uniknya maka dia akan terus menginginkan untuk menyisihkan uangnya untuk menabung.

"Dengan begitu, hal tersebut menjadi salah satu bentuk kesuksesan dari kegiatan KKN dalam memberikan pemahaman tentang bagaimana cara mendidik anak untuk menabung. Sehingga tanpa disadari dia dapat mengelola keuangannya dengan baik sejak dini," terang Shinta kepada majalahlarise.com.

Celengan unik sebagai alat pembiasaan menabung sejak dini pada anak.

Baca juga: HMP PGSD Univet Bantara "MAGUSDA" , Gelar Webinar Nasional "Strategi Pengembangan UMKM Melalui Inovasi dan Teknologi di Masa Pandemi"

Menurutnya, melalui kegiatan ini anak memiliki gambaran dan pengetahuan yang utuh tentang manfaat melakukan perencanaan keuangan sejak dini. Memiliki kebiasaan menabung sudah jelas sangat berguna untuk masa depan. Selain berguna untuk simpanan masa depan, kebiasaan menabung juga bisa membentuk kepribadian seseorang. Dengan mendidik dan mengenalkan literasi keuangan melalui kegiatan ini anak juga akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih menghargai uang.

Sedangkan pemakaian celegan unik dari kardus ini dengan cara memasukkan uang seperti memasukkan kartu atm ke mesin atm, masukkan sedikit uang kertas agar tercepit lalu kita putar dengan alat putar samping lalu uang kertas akan masuk dengan sendirinya. Untuk uang koin hanya dimasukkan ke lobang seperti celengan biasanya tetapi lewat lubang atas yang ada tulisannya koin.

"Semoga dengan berjalannya kegiatan ini selanjutnya akan terus dapat menerapkan anak rajin dalam menabung uang yang disisihkannya. Sehingga kita dapat memberi pengetahuan sejak dini tentang literasi keuangan melalui kegiatan menabung seperti yang telah kami lakukan," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Pelatihan Pembuatan Bakso Ayam dengan Substitusi Jamur Kuping


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top