SMP Negeri 8 Surakarta Ikuti Program Seri Semangat Guru, Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kemdikbud

Print Friendly and PDF

Guru SMP Negeri 8 Surakarta mengikuti program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru, Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi secara daring.


SMP Negeri 8 Surakarta Ikuti Program Seri Semangat Guru, Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi Kemdikbud

Solo- majalahlarise.com -Beberapa Guru SMP Negeri 8 Surakarta mengikuti program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru, Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi.  Program ini merupakan upaya membantu guru dan satuan pendidikan di masa pandemi covid-19 pada tahun ajaran 2021/2022 serta meningkatkan kompetensi guru dalam merancang pembelajaran campuran ( yang melibatkan PTM Terbatas dan PJJ) serta pembelajaran jarak jauh secara penuh. Guru mengikutinya dari rumah masing-masing karena sekolah sedang digunakan sebagai rumah karantina pasien Orang Tanpa Gejala (OTG).  

Sri Suprapti, Sie Publikasi SMP Negeri 8 Surakarta sekaligus guru yang mengikuti Bimtek Seri Semangat Guru ini menyampaikan dirinya sudah mengikuti pada tanggal 12 Juni - 17 Agustus 202. Sudah menyelesaikan sampai pelajaran 4. Synchronous – communication : Komunikasi Efektif dengan 2 ( dua ) topik dan 1 ( satu ) quiz.  Bimtek yang dilakukan oleh penulis  baru berakhir sampai di situ dan akan dilanjutkan sesuai dengan jadwal pelajaran 4 berikutnya tanggal 22 Juli 2021. Setelah itu masih ada lagi untuk ke pelajaran berikutnya yaitu pelajaran 5 : Penerapan Kelas Campuran, pelajaran 6 : Kolaborasi & Dampak. Dan pertemuan terakhir dengan E Book Semangat Guru : Seri Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi.  

Menurut sumber dari Guru Belajar Kemdikbud, bahwa tujuan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi antara lain : Mendukung program dan inisiatif Kemendikbudristek, seperti Guru Penggerak, Guru Belajar, Guru Berbagi, Merdeka Belajar dan pendidikan karakter , sekaligus membantu menciptakan program yang kreatif dan berkelanjutan dalam portal Guru Belajar dan Berbagi. Meningkatkan pengetahuan guru tentang penggunaan teknologi sederhana namun berdampak besar. Meningkatkan pengetahuan guru tentang kemampuan nonteknis (soft skill) pendukung penggunaan teknologi yaitu 4C (Critical thinking, Communication, Creative Thingking and Collaboration). Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan program pembelajaran secara daring dalam bentuk synchronous dan asynchronous .

Sedangkan apa serunya belajar bersama di Program Guru Belajar Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi? Menyenangkan sekali berlajar dengan Pakar, pelatihan langsung dari pakar kemampuan nonteknis (soft skills), mendapatkan inspirasi berbagi cerita inspiratif dari tokoh masyarakat dan komunitas pendidikan, mendapatkan tips teknologi praktis yang berguna untuk kegiatan belajar mengajar ( KBM ), dan kegiatan untuk mempraktikan materi dan kolaborasi dengan seluruh peserta di Indonesia.


Baca juga: Masa Pandemi Unisri Berqurban 3 Ekor Lembu

Tahapan yang dilakukan Program Guru Belajar dan Seri Berbagi Seri Semangat Guru : Keterampilan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi adalah tahap 1 pendaftaran yaitu mendaftar di portal Guru Belajar dan Berbagi. Untuk tahap ke 2 mengikuti pelatihan yang terdiri dari 6 pelajaran, dengan alur yang sama yaitu : 1) Synchronous yaitu melakukan tes penilaian awal dan pembelajaran di webinar, 2) Asynchronous adalah melakukan pembelajaran mandiri yaitu tes penilaian tengah, tugas, latihan dan tes penilaian akhir. Melakukan pembelajaran mandiri yaitu tes penilaian tengah, tugas, latihan dan tes penilaian akhir. Perlu diketahui, apabila Peserta tidak dapatmengikuti live webinar, tersedia rekaman webinar untuk mengejar ketertinggalan. Diharapkan untuk mengakses rekaman webinar di dalam materi asynchronous atau dikanal youtube Ditjen GTK Kemendikbudristek RI.

Kurikulum Pelatihan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis Dalam Adaptasi Teknologi. Struktur Program Resiliensi : Tangguh dan Teknologi (6 jam pelajaran), Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi (5 jam pelajaran),  Creativity : Konten & Teknik Penceritaan (5 jam pelajaran), Communication : Komunikasi Efektif (5 jam pelajaran), Empowered Teacher : Penerapan Kelas Campuran (5 jam pelajaran),  Collaboration : Kolaborasi & Dampak (6 jam pelajaran), jumlah total : 32 jam pelajaran.

Peserta Program Guru Belajar dan Berbagi seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi adalah Semua guru jenjang PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Tenaga Administrasi Sekolah, Telah memiliki Akun SIMPKB. 

Perjalanan yang harus diikuti dimulai dari :1) Resilience :Tangguh & Teknologi Peserta adalah : Guru PAUD, TK/TKLB, SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMALB/SMK, Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Tenaga Administrasi Sekolah yang telah memiliki Akun SIMPKB. Telah mendaftar di Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Keterampilan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi. Telah menyelesaikan tes prapenilaian Pelajaran1. 2) Critical Thinking : Berpikir Kritis & Teknologi. Peserta adalah telah menyelesaikan seluruh alur synchronous dan asynchronous pada pelajaran 1. Telah menyelesaikan tes prapenilaian Pelajaran 2. 3) Creativity :Konten & Teknik Penceritaan, Peserta adalah : Telah menyelesaikan seluruh alur synchronous dan asynchronous pada pelajaran 2. Telah menyelesaikan tes prapenilaian Pelajaran 3. 4). Communication : Komunikasi Efektif. Peserta adalah : Telah menyelesaikan seluruh alur synchronous dan asynchronous pada pelajaran 3.Telah menyelesaikan tes prapenilaian Pelajaran 4. 5) Empowered Teacher : Penerapan Kelas Campuran. Peserta adalah : Telah menyelesaikan seluruh alur synchronous dan asynchronous pada pelajaran 4. Telah menyelesaikan tes prapenilaian Pelajaran 5. 6) Collaboration :Kolaborasi & Dampak. Peserta adalah : Telah menyelesaikan seluruh alur synchronous dan asynchronous pada pelajaran 5. Telah menyelesaikan tes prapenilaian Pelajaran 6.

Berikut adalah jadwal pelaksanaan program berdasarkan tahapannya : Pendaftaran18 Juni-27 Juli 2021.  Pelatihan : Pelajaran 1; Synchronous :21-30 Juni 2021 Live Webinar :30 Juni 2021Asynchronous :1-6 Juli 2021. Pelajaran 2; Synchronous :1-7 Juli 2021, Live Webinar : 7 Juli 2021, Asynchronous : 8-13 Juli 2021, Pelajaran 3 ;Synchronous : 8-14 Juli 2021, Live Webinar :14 Juli 2021, Asynchronous : 15-20 Juli 2021, Pelajaran 4; Synchronous : 15-21 Juli 2021, Live Webinar : 21 Juli 2021. Asynchronous : 22-27 Juli 2021. Pelajaran 5; Synchronous : 22-31 Juli 2021, Live Webinar 1-10 Agustus 2021, Asynchronous : 4 Agustus 2021. Pelajaran 6; Synchronous : 5-11 Agustus 2021. Live Webinar :11 Agustus 2021Asynchronous :12-17 Agustus 2021.


Baca juga: Tetap Patuhi Prokes, Warga Perum Solo Elok, Mojosongo Laksanakan Penyembelihan Hewan Kurban

Tujuan diadakannya Bimtek Seri Semangat Guru ini adalah akselerasi teknologi di dunia pendidikan sedang berlangsung. Program ini dirancang untuk memberikan pembekalan kemampuan nonteknis bagi para Guru dalam proses adaptasi teknologi pendidikan yang terus berjalan. Mengintegrasikan teknologi dan kemampuan nonteknis ke dalam kelas dapat menginspirasi kolaborasi, komunikasi, pemikiran kritis, dan kreativitas sehingga hasil kegiatan belajar mengajar lebih jitu dan berdampak besar.

Di setiap pelajaran ini peserta akan melakukan alur yang sama, yaitu:  1) Peserta menyelesaikan tes prapenilaian di portal daring Guru Belajar & Berbagi. 2) Peserta belajar bersama di webinar (synchronous). 3) Peserta mengerjakan penilaian tengah dan diberikan tugas untuk belajar mandiri  (asynchronous). 4) Peserta dapat mengerjakan tugas, menonton kembali webinar yang direkam dan mencari materi pendukung di portal daring Guru Belajar & Berbagi.5) Setelah mengerjakan tugas asynchronous, peserta mengerjakan kuis penilaian akhir. 6) Peserta kembali mengerjakan alur yang sama untuk pelajaran berikutnya sampai total mengerjakan 6 pelajaran.    

Selanjutnya untuk segera bergabung ke dalam grup Telegram untuk berdiskusi dan bertanya terkait dengan kesulitan yang dihadapi selama pembelajaran.  Apa yang didapatkan peserta Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru : Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi? Hasil dari Bimtek ini antara lain : Meningkatnya pengetahuan guru terhadap pentingnya pemanfaatan teknologi pada metode pembelajaran campuran, perangkat teknologi yang bisa digunakan untuk metode pembelajaran campuran, tahapan-tahapan dalam menyusun konten pembelajaran digital menggunakan teknologi sederhana, berbagai macam pola komunikasi yang terjadi pada metode pembelajaran campuran, penerapan teknologi dan 4C pada pembelajaran, serta pentingnya kolaborasi dalam rangka penerapan teknologi untuk pembelajaran. 

Sertifikat bagi para guru sebagai tanda telah menyelesaikan pelatihan dan pembekalan keterampilan non teknis dalam adaptasi teknologi. Memberikan pengalaman kepada guru dalam mengikuti kegiatan program pembelajaran secara daring. Pengimbasan para peserta yang mendukung program dan inisiatif Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.


Baca juga: SMP Negeri 8 Surakarta Persiapkan Diri Hadapi Akreditasi

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. dalam keterangan tertulis mengatakan tujuan mengikuti program Seri Semangat Guru. Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi di masa Pandemi Covid-19 ini agar bisa  menambah ilmu yang disampaikan secara langsung oleh Kemdikbud. Guru mengajar agar supaya di saat pandemi ini siswa menjadi lebih pandai dari sebelumnya. Guru melayani siswa agar menjadi anak yang berkarakter. Dengan melakukan program ini pelayanan mutu menjadi meningkat. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top