Gudep Pramuka SMP Negeri 3 Surakarta Maju Lomba Gudep Mantap Tingkat Jawa Tengah

Print Friendly and PDF

 

Foto bersama pembina Pramuka saat mengikuti kursus pengelola Gugus Depan Kwarda Jawa Tengah. (dok: Pramuka SMPN 3 Surakarta).

Gudep Pramuka SMP Negeri 3 Surakarta Maju Lomba Gudep Mantap Tingkat Jawa Tengah

Solo- majalahlarise.com -Gugus Depan (Gudep) Pramuka 01.172-01.213 pangkalan SMPN 3 Surakarta terpilih mewakili kota Surakarta maju lomba Gudep Mantap Tingkat Jawa Tengah tahun 2021.

Pembina Pramuka Putra, Bambang Setio Wibowo saat ditemui di tempat kerjanya, Rabu (19/5/2021) menyampaikan pihaknya bersama kakak pembina, pramuka penggalang serta bapak ibu guru tengah mempersiapkan semaksimal mungkin berbagai persyaratan administrasi portofolio yang diajukan sebagai syarat maju lomba Gudep Mantap.

"Dalam portofolio ada delapan aspek yang harus dipersiapkan dan dipenuhi oleh Gugus Depan Pramuka sebagai persyaratan lomba yaitu aspek manajemen dan administrasi, aspek sumber daya manusia, aspek keuangan dan sarana prasarana, aspek kegiatan, aspek proses pencapaian SKU, SKK dan SPG, aspek prestasi, aspek kemitraan, dan aspek kehumasan," ungkapnya.


Baca juga: SMAN 1 Manyaran Gelar Rakor dan Halal Bi Halal Usai Libur Idul Fitri 1442 H

Lebih lanjut dijelaskan dari aspek prestasi, Gudep SMPN 3 Surakarta pernah mendapatkan prestasi juara umum dalam lomba LK2PP yang diselenggarakan oleh IAIN Surakarta, juara 2 dalam lomba senam pramuka yang diselenggarakan oleh Kwarcab Surakarta, juara 1 gerak jalan yang diselenggarakan oleh Kwarcab kota Surakarta dalam rangka HUT Pramuka, juara 1 lomba tingkat (LT II) kecamatan Banjarsari, juara 1 lomba tingkat (LT III) Kwarcab Surakarta, perwakilan kota Surakarta untuk mengikuti lomba tingkat (LT IV) provinsi Jawa Tengah, juara 2 lomba Pramuka Garuda Penggalang tahun 2020 kota Surakarta, perwakilan mengikuti Jambore Internasional di Malaysia.

"Kami mohon doa restu kepada semuanya. Agar diberikan kemudahan dan kelancaran sehingga dapat meraih prestasi lomba Gudep Mantap tingkat provinsi Jawa Tengah tahun 2021," harapnya.

Sementara itu, Kepala sekolah sekaligus Kamabigus SMPN 3 Surakarta, Dra Suparyanti, MSi mengatakan setelah Gudep yang dipimpinnya ditunjuk oleh Kwarcab Kota Surakarta, kemudian diberi waktu hingga tanggal 30 Mei 2021 untuk mengumpulkan portofolio. "Kepercayaan ini akan kami jaga, segenap tim pembina kami akan melakukan persiapan semaksimal mungkin,” katanya.

Di tempat yang sama, Pembina Putri, Hetty Dwi Agustin, S.Pd yang pernah meraih juara 1 Pembina Penggalang Berprestasi Tk Kota Surakarta Tahun 2019 dan maju mewakili Kota Surakarta ke tingkat Provinsi, meraih juara 3 Pembina Penggalang Berprestasi Tingkat Kwarda Jawa Tengah tahun 2019 menerangkan selama pandemi Covid-19 kegiatan kepramukaan tetap berjalan melalui daring atau online.

"Kegiatan kepramukaan dilaksanakan dengan memanfaaatkan melalui media sosial, misalnya IG dan Youtube milik SMPN 3 Surakarta. Beberapa materi latihan kepramukaan dari pembina Pramuka SMPN 3 Surakarta bahkan ada yang di upload melalui Youtube milik Kwarcab Kota Surakarta. Harapannya dapat memberi motivasi pada para pembina lain agar tetap memberikan pendidikan kepramukaan pada peserta didik di masa Pandemi dengan memanfaatkan media sosial," ujarnya. (Sofyan)


Baca juga: Gudep Pangkalan SMPN 3 Surakarta Punya Enam Pramuka Garuda


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top