SD Muhammadiyah 1 Ketelan Adakan Webinar AKM dan Akun Pembelajaran Secara Virtual

Print Friendly and PDF

 

Guru SD Muhammadiyah 1 Ketelan saat mengikuti Webinar AKM dan Akun Pembelajaran.

SD Muhammadiyah 1 Ketelan Adakan Webinar AKM dan Akun Pembelajaran Secara Virtual


Solo- majalahlarise.com -SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Jawa Tengah menggelar kegiatan webinar AKM dan Akun Pembelajaran secara virtual melalui Zoom Clouds Meeting diikuti 64 guru karyawan, Ketua Majelis Dikdasmen, Pengawas Korwil III Kecamatan Banjarsari. Rabu (30/12/2020).

Kepala SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta, Hj. Sri Sayekti, M.Pd menerangkan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) dijelaskan tuntas oleh Dra. Zul Arsiah, M.Si dari Perekayasa Madya-Pusat Asesmen dan Pembelajaran Balitbang dan Perbukuan serta Pembelajaran Akun oleh Wibowo Mukti  dari Pusdatin Kemdikbud RI, serta luncurkan #sekolah menyapa satu guru hebat wajib punya Channel Youtube.

Dalam pemaparan materi, Zul Arsiah menjelaskan Asesmen Nasional 2021 adalah pemetaan mutu pendidikan pada seluruh sekolah, madrasah, dan program kesetaraan jenjang dasar dan menengah.


Baca juga: Aris Tribudoyo Pimpin Persatuan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Kabupaten Wonogiri Periode 2020 – 2024

"Mutu diukur menggunakan 3 instrumen. Pertama, Asesmen Kompetensi Minimum mengukur literasi membaca dan numerasi sebagai hasil belajar kognitif. Kedua, Survei Karakter mengukur sikap, kebiasaan, nilai-nilai (values) sebagai hasil belajar non-kognitif. Ketiga, Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas pembelajaran dan iklim sekolah yang menunjang pembelajaran.Diikuti oleh murid, guru, dan kepala satuan,” ujarnya.

Menurutnya Hasil Asesmen Nasional 2021 tidak digunakan untuk menilai prestasi murid ataupun kinerja guru dan sekolah.

Laporan hasil Asesmen Nasional 2021 diberikan kepada guru dan sekolah sebagai alat untuk melakukan evaluasi diri dan perbaikan pembelajaran.

“Murid, orangtua, guru, dan sekolah tidak perlu cemas dan tidak perlu melakukan persiapan khusus untuk menghadapi Asesmen Nasional,” katanya.


Baca juga: Unisri Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru Mulai 4 Januari 2021

Ditambahkannya, alokasi waktu jenjang SD/MI hari pertama tes literasi 75 survey karakter 20 menit dan hari kedua tes numerasi 75 menit serta survei lingkungan belajar 20 menit. Pemanfaatan hasil AKM. AKM tidak mengukur secara spesifik capaian belajar pada mata pelajaran, namun pelaporan hasil AKM dapat dimanfaatkan untuk perbaikan proses pembelajaran mata pelajaran.

“Pelaporan tingkat kompetensi dapat dimanfaatkan guru berbagai mata pelajaran untuk menyusun strategi pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Guru diharapkan menyesuaikan pembelajarannya sesuai tingkat kompetensi murid,” terangnya.

Sementara itu, Wibowo Mukti  dari Pusdatin Kemdikbud RI memaparkan Akun Pembelajaran merupakan akun elektronik yang memuat nama akun (user ID) dan akses masuk akun (password) yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimanfaatkan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akun mengakses layanan/aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

“Bertujuan mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah di masa pandemi, mendukung proses pembelajaran di satuan pendidikan melalui penerapan teknologi informasi dan komunikasi,” ucapnya. (Sofyan)


Baca juga: Unisri Gelar Seminar Anti Korupsi


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top