Workshop Jurnalistik Majalah Univet Pos Tahun 2018

Print Friendly and PDF

Ade Ujianingsih, S.Sos didampingi Sofyan Yuli Antonius, S.Sos saat menyampaikan materi manajemen keredaksian
Peserta Workshop Jurnalistik saat foto bersama dengan narasumber dan panitia.
Workshop Jurnalistik Majalah Univet Pos Tahun 2018

Sukoharjo-majalahlarise.com-Hampir dua tahun majalah Univet Pos tidak terbit sejak Maret 2016. Guna menerbitkan kembali media kampus tersebut Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mengadakan Workshop Jurnalistik Majalah UNIVET POS tahun 2018. Rabu (24/1) di Aula FISIP Univet Bantara Sukoharjo.
     Hadir sebagai pembicara Sofyan Yuli Antonius, S.Sos (Jurnalis Majalah Edukasi dan majalahlarise.com.) Ade Ujianingsih, S.Sos (Jurnalis Surat Kabar Jateng Pos/Jawa Pos Group).
      Dekan FISIP Univet Bantara Sukoharjo, Drs. Joko Suryono, M.Si dalam sambutan pembukaan workshop menyampaikan tujuan diselenggarakan workshop jurnalistik untuk menerbitkan majalah UNIVET POS yang hampir dua tahun tidak terbit dikarenakan berbagai kendala yang dihadapi tim redaksi sehingga perlu adanya penyegaran kepengurusan yang baru atau reorganisasi pengurus redaksi.
      “Melalui reorganisasi pengurus baru majalah UNIVET POS ini didukung pelatihan jurnalistik yang dibimbing praktisi jurnalistik yang sudah berpengalaman dibidangnya diharapkan majalah UNIVET POS edisi 16 dapat terbit bulan Maret 2018 dapat dibagikan saat acara wisuda,” ungkapnya.
     Lebih lanjut, Joko Suryono memohon bimbingan kepada narasumber untuk menjadi konsultan media sehingga Univet Pos dapat dikenal masyarakat layaknya sebuah perusahaan penerbitan media massa yang lengkap.
     “Kita bangga majalah Univet Pos dapat eksis kembali. Diibaratkan seperti cabai rawit kecil yang pedas walaupun kecil dapat memunculkan ide kreatif dari mahasiswa khususnya mahasiswa FISIP. Ini kesempatan luar biasa sebagai bekal mahasiswa setelah lulus dapat pengetahuan jurnalistik, merubah sikap, mental dan ketrampilan mahasiswa,” terangnya.
     Di tempat yang sama, Ketua Panitia Kegiatan, Haryanto, S.Sos, M.Ikom dalam laporannya menuturkan workshop jurnalistik diselenggarakan selama enam kali pertemuan setiap hari Rabu dimulai dari tanggal 24 Januari 2017 sampai 28 Februari 2018. Dengan materi meliputi manajemen penerbitan, teknik liputan dan wawancara, teknik penulisan berita feature, praktek liputan berita, praktek penulisan berita feature, praktek editing, layout dan desain cover majalah.
     Dalam penyampaian materi manajemen penerbitan, Ade Ujianingsih, S.Sos menjelaskan tentang cara kerja seorang wartawan dalam pencarian berita di lokasi kejadian. Berbagi pengalaman selama menjadi seorang jurnalis sejak 16 tahun yang lalu.
     “Bekal seorang wartawan itu keberanian bertanya. Suka tantangan dan dalam melakukan pekerjaan dijalani dengan senang hati. Tugas wartawan kota dengan daerah berbeda kalau wartawan kota dibagi perbidang liputan sedangkan wartawan daerah liputan semua bidang. Selain itu, dituntut deadline pengumpulan berita dibatasi pukul 18.00 WIB,” ungkapnya.
     Pembicara Sofyan Yuli Antonius, S.Sos menjelaskan tahapan-tahapan kerja media cetak dari perencanaan, pengumpulan data, proses produksi, proses cetak, proses sirkulasi hingga media cetak sampai ke tangan pembaca. Selain itu menerangkan perencanaan isi dan tugas personel redaksi. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top