Tim PKM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS Surakarta Memberikan Pembekalan Kiat-Kiat Keberhasilan Bisnis dan Peningkatan Kewirausahaan Pada UMKM Kuliner di Kecamatan Jebres

Print Friendly and PDF

Tim PKM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS Surakarta saat memberikan kiat-kiat keberhasilan bisnis dan peningkatan kewirausahaan pada UMKM.


Tim PKM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS Surakarta Memberikan Pembekalan Kiat-Kiat Keberhasilan Bisnis dan Peningkatan Kewirausahaan Pada UMKM Kuliner di Kecamatan Jebres 

Solo- majalahlarise.com -Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret Surakarta memberikan pembekalan kiat-kiat keberhasilan bisnis dan peningkatan kewirausahaan pada UMKM Kuliner di kecamatan Jebres. Tim Dosen yang terlibat dalam kegiatan ini adalah Drs. Harmadi, MM., Dr . Bambang Hadinugroho, S.E.,M.Si., Dr. Endang Suhari, M.Si., Dr. Setianingtyas Honggowati, M.M., Heru Agustanto, S.E.,M.S.M., Yohana Tamara, S.E., M.M., dan dibantu oleh dua mahasiswa, serta  Tim Pendukung. Kegiatan ini juga menghadirkan para praktisi di bidang kuliner yang telah berhasil dalam bisnisnya untuk berbagi tentang keberhasilan di bidang bisnis kulinernya yaitu Bapak Budhi Haryanto dari Jagalan Solo.

Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dimulai pada hari Sabtu 19 Juni 2022 bertempat di Pecel Madiun Laris Manis Jl. Juanda 284 Pucangsawit Solo, yang diikuti oleh para pebisnis kuliner di Kecamatan Jebres Solo. Kegiatan dilanjutkan dengan memberikan pendampingan terhadap para pebisnis kuliner tersebut hingga akhir Oktober 2022.

Ketua PKM yaitu Drs. Harmadi, MM. mengawali sambutan dengan memberikan penjelasan tentang kegiatan PKM tersebut, sekaligus memberikan motivasi kepada para  pebisnis kuliner yang hadir untuk lebih semangat dalam mengembangkan usahanya.

Tim PKM Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS bersama praktisi dan peserta dari UMKM kuliner saat foto bersama.


Baca juga: Sidang Pleno I Muktamar Muhammadiyah-‘Aisyiyah Agendakan Pembahasan Program Muktamar hingga Isu Strategis  

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan materi kewirausahaan yang disampaikan oleh Dr. Setianingtyas Honggowati, M.M., dan dilanjutkan dengan kisah sukses usaha bisnis kuliner oleh Bapak Budhi Haryanto dari Jagalan Solo. Materi selanjutnya adalah pengenalan tentang digital marketing yang disampaikan oleh Bapak Effendi, pakar di bidang digital marketing.

Acara terakhir yaitu diskusi antara para pemateri dengan peserta kegiatan PKM tentang pembahasan untuk pengembangan usaha melalui digital marketing yang baru menjadi isu atau kebutuhan bagi para pebisnis untuk pengembangan usahanya. Para peserta dengan antausias menayakan berbagai hal terutama tentang digital marketing untuk diterapkan dalam usaha bisnisnya.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dilanjutkan dengan pendampingan pada peserta pelatihan dalam memecahkan permasalahan bisnisnya. Pendampingan tersebut dilaksanakan secara tatap muka di lokasi bisnis peserta pelatihan. Hasil menunjukan kegiatan bisnis peserta menjadi lebih maju dan berkembang. Apabila ada kesulitan, mereka bisa kontak melalui Whatsapp (WA). Sampai sekarang jalinan komunikasi antara Tim PPM FEB UNS dengan para peserta tetap terjaga dengan baik. (Sofyan)


Baca juga: METODE PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS, MEMBUAT KEGIATAN BELAJAR NYATA DAN MENYENANGKAN


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top