PEMANFAATAN APLIKASI CANVA TINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA

Print Friendly and PDF

PEMANFAATAN APLIKASI CANVA TINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERLINDUNGAN DAN PENEGAKAN HUKUM DI INDONESIA 

Oleh : Suheti Priyani, S.Pd

Guru Mapel PP-Kn SMAN 1 Pracimantoro, Wonogiri Jawa Tengah

Suheti Priyani, S.Pd


       Tantangan yang dihadapi di era globalisasi antara lain ditandai dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang membawa dampak positif maupun negatif disegala bidang termasuk bidang pendidikan. Salah satu contohnya adanya smart phone yang semakin canggih yang hampir semua orang memiliki termasuk peserta didik yang mana pada saat pandemi handphone/ android/ smarthpone merupakan salah satu kebutuhan pokok peserta didik dan guru yang dampak positif bagi peserta didik sangat luar biasa untuk memperlancar kegiatan pembelajaran jarak jauh/daring ketika masa PPKM yang berlangsung kurang lebih 2,5 tahun, selain itu sangat mempermudah akses berbagai informasi dan peningkatan pengetahuan di segala bidang, serta meningkatkan kreativitas dan ketrampilan peserta didik. 

       Namun demikian dampak negatifnya juga tidak kalah banyak antara lain membuat peserta didik menjadi malas belajar karena banyak menghabiskan waktunya hanya untuk bermain game, bermain media sosial, melihat content-content yang kurang bermanfaat. Oleh karena itu melihat kenyataaan yang ada di era revolusi industri 4.0 dimana teknologi memiliki peran penting maka diperlukan adanya pembaharuan dalam proses belajar mengajar antara lain dengan penyesuaian media pembelajaran yang lebih modern dan memudahkan guru dan peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dengan pemanfaatan media interaktif berbantuan aplikasi canva sehingga dapat menciptakan suasana yang asyik, menarik dan menyenangkan.  

       Aplikasi canva dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan prestasil belajar peserta didik yang berkaitan dengan materi PP-Kn kelas XII K.D 3.2 Mengevaluasi praktik perlindungan dan penegakkan hukum untuk menjamin keadilan dan kedamaian. Canva merupakan aplikasi berbasis web yang sangat mempermudah guru dalam mendesain media pembelajaran, sebagaimana menurut (Triningsih, 2021) berpendapat bahwa canva dapat mempermudah guru serta peserta didik untuk melaksanakan proses pembelajaran berbasis teknologi, keterampilan, kreativitas, beserta manfaat lain, hal ini dikarenakan hasil desain menggunakan canva dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan meningkatkan motivasi peserta didik dengan penyajian bahan ajar serta materi secara menarik. 

       Berikut ini langkah-langkah penggunaan aplikasi canva sebagai media pembelajaran : 1) Mendownload aplikasi canva melalui play store apabila melalui android/ smart phone. 2) Membuat akun canva, dengan cara  sign up atau login di https://www.canva.com pilih daftar sekarang secara gratis apabila telah memiliki akun belajar.id maka pilih daftar dengan google maka akan muncul tampilan mengajukan canva untuk pendidikan dengan mengklik ajukan akun sekarang, kemudian registrasi dengan mengisi data pribadi untuk membuat akun canva. 3) Membuat desain melalui aplikasi canva sesuai kebutuhan guru dan peserta didik. Banyak fitur yang telah tersedia, seperti memuat 'drag and drop' yang mempermudah pengguna dalam mengaplikasikannya, bahkan siswa dapat berkolaborasi dalam proses mendesain sehingga siswa dapat mengerjakan secara berkelompok. 4) Menyimpan hasil desain dari Canva  yaitu dengan meng-klik tanda panah ke bawah yang berada di pojok kanan atas, setelah diklik, desain anda akan otomatis tersimpan dalam galeri maupun file anda. 

       Kelebihan pemanfaatan aplikasi canva antara lain yaitu tersedia desain menarik yang beragam, dapat meningkatkan kreativitas baik guru atau pun peserta didik untuk membuat media pembelajaran dengan memanfaatkan beragam fitur yang tersedia, hemat waktu serta praktis dalam mendesain media pembelajaran yang dapat dilakukan dengan menggunakan laptop atau gawai. Hal tersebut dapat memudahkan guru untuk menyampaikan materi sehingga peserta didik mudah dalam memahami materi dan mengikuti pembelajaran dengan suasana yang menyenangkan dan tidak monoton. Sehingga materi yang disampaikan guru dapat diterima dengan baik hal tersebut berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar peserta didik yang mana dalam penilaian harian menunjukkan sebagian besar peserta didik kelas XII SMA Negeri 1 Pracimantoro mendapatkan nilai di atas KKM pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PP-Kn).    


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top