Unisri Gelar Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Sanggar Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni

Print Friendly and PDF

Pelatihan dan pendampingan pembinaan ekonomi kreatif bagi pelaku UMKM.


Unisri Gelar Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Sanggar Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni

Solo- majalahlarise.com -Tim Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menyelenggarakan Pelatihan dan Pendampingan Pembinaan Ekonomi Kreatif Bagi pelaku UMKM di Sanggar Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni, baru-baru ini.

Pelatihan memproduksi cinderamata/ souvenir berbasis wayang itu diikuti 25 orang dari unsur pengelola Wayang Orang Sriwedari, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, dan Perwakilan pemain Wayang Orang Sriwedari.

Menurut Ketua Matching Fund 2022 dari Unisri Surakarta Siti Supeni, pelatihan dan pendampingan pembinaan ekonomi kreatif bagi pelaku UMKM itu merupakan kegiatan untuk memberdayakan pelaku UMKM agar bisa meningkatkan produktifitas, khususnya dalam memproduksi cinderamata/ souvenir berbasis wayang.

Cinderamata itu nantinya dijual di teras/ depan Gedung Wayang Orang Sriwedari, untuk menyemarakkan suasana serta dapat meningkatkan ekonomi bagi para pengusaha pada UMKM hasil pendampingan dan pelatihan yang telah dilakukan team Matching Fund Unisri Surakarta.


Baca juga: KKN Univet Bantara Pelatihan Pengelola Sistem Pemasaran Digital Produk UMKM 

Ada pun tujuan dari pelatihan dan pendampingan itu, kata Supeni, adalah untuk  meningkatkan produktifitas, khususnya dalam memproduksi cinderamata/ souvenir berbasis wayang, yang dapat dijual di lingkungan Gedung  Wayang  Orang  Sriwedari.

"Sehingga mampu meningkatkan ekonomi bagi anggota UMKM serta lebih menyemarakkan bagi para pengunjung untuk dapat membeli cindera mata/souvenir wayang sebagai kenang-kenangan," kata Bu Peni, begitu dia akrab disapa.

Lebih lanjut Siti Supeni mengatakan, untuk mewujudkan Wayang Orang Sriwedari yang bertata kelola baik, memiliki media promosi digital yang mampu untuk berpromosi, serta memiliki manajemen pengelolaan sarana dan prasarana yang baik, tim pemberdayaan mahasiswa dan dosen dalam mendampingi implementasi itu dan perlu dilaksanakan secara sistematis dan terukur.

"Luaran dari kegiatan ini adalah peningkatan produksi cinderamata/souvenir yang dapat dijual di Gedung Wayang Orang Sriwedari, sehingga dapat meningkatkan ekonomi bagi anggota UMKM," pungkasnya. (Sofyan)


Baca juga: Puluhan Pemuda Muhammadiyah Wonogiri Ikuti Bimtek Pemberdayaan Pemuda


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top