KKN Univet Bantara Pelatihan Pengelola Sistem Pemasaran Digital Produk UMKM

Print Friendly and PDF

Yoppi Syahrial, SE.MM sebagai pemateri untuk memberikan pendampingan dan pelatihan dalam mengembangkan skill pemasaran digital produk UMKM kepada masyarakat. 


KKN Univet Bantara Pelatihan Pengelola Sistem Pemasaran Digital Produk UMKM 

Wonogiri- majalahlarise.com -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo Reguler Kelompok 3 telah mengadakan Sosialisasi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk meningkatkan Ekonomi Kreatif melalui Strategi Pemasaran Produk UMKM Di Gedung Balai Pertemuan RT 01 Pancuran, Kaliancar, Selogiri, Kabupaten Wonogiri pada 31 Agustus 2022. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengembangkan jiwa entrepreneur masyarakat melalui ekonomi kreatif sesuai dengan tema KKN yang telah dicanangkan oleh Tim Penyelenggara KKN.

Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara bersama perangkat desa dan masyarakat, masyarakat Lingkungan Pancuran belum optimal dalam memanfaatkan sumber daya yang ada untuk menjadikan kreatifitas UMKM sebagai pengembangan ekonomi mereka. Masyarakat juga belum optimal dalam mengelola sistem pemasaran digital produk UMKM untuk dipromosikan secara meluas. 

“Melihat permasalahan tersebut kami mengadakan sosialisasi UMKM yang meliputi pemberian informasi strategi pemasaran produk, penggunaan media promosi UMKM dengan katalog online, dan pendampingan pengembangan produk UMKM dengan analisis pemanfaatan sumber daya, ” ujar Ketua KKN Univet Bantara kelompok 3 Alif Maulana Ahsan, kemarin (31/8). 

Lebih lanjut dikatakan Alif Maulana Ahsan bahwa peserta sosialisasi sangat antusias dalam menerima materi. Mereka juga ingin didampingi dalam pembuatan media pemasaran katalog online. Kegiatan ini  diharapkan terus berlanjut sampai masyarakat dapat mengembangkan kreatifitas usaha UMKM mereka,” ujarnya.

Dr. Farida Nugraheni, M.Hum selaku Rektor Univet Bantara mengharapkan bahwa dengan adanya kegiatan KKN (Kuliah Kerja Nyata) ini dapat memberikan solusi nyata kepada masyarakat khususnya dapat mengangkat derajat ekonomi masyarakat yang tentunya sebagai bentuk memajukan kreatifitas dan kualitas hidup bangsa. 

Sosialisasi UMKM ini diikuti oleh 47 peserta Lingkungan Pancuran dan Sebagian merupakan pelaku UMKM di Lingkungan Pancuran tersebut. Acara ini turut dihadiri Kepala Kelurahan Desa Kaliancar, Ketua PKK, Ketua RT, Ketua RW, dan Dosen Pembimbing Lapangan. Tim KKN Kelompok 3 bekerja sama dengan Dosen Ekonomi Univet Bantara, Yoppi Syahrial, SE. MM sebagai pemateri untuk memberikan pendampingan dan pelatihan dalam mengembangkan skill pemasaran digital produk UMKM kepada masyarakat. 

“Mahasiswa diberi kesempatan sebebas-bebasnya untuk mengasah keterampilan mereka di lapangan dan mengembangkan ide kreatifitas mereka untuk membantu memberdayakan masyarakat dan dapat memajukan kualitas ekonomi masyarakat tempat Tim KKN bertempat.”, ujar Pak Siswanto Kepala Kelurahan Kaliancar saat memberi sambutan sekaligus pembukaan acara sosialisasi UMKM.

Penulis: Suci Royani

Editor: Sofyan



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top