Mahasiswa Univet Bantara Ikut Serta Belajar Berwirausaha Budidaya Lele

Print Friendly and PDF



Mahasiswa Univet Bantara Ikut Serta Belajar Berwirausaha Budidaya Lele

Sukoharjo- majalahlarise.com -Rosita Indah Quraini, mahasiswa PBSD Univet Bantara Sukoharjo semester tujuh melaksanakan KKN Mandiri di Baseng, Gentan, Bulu, Sukoharjo untuk memenuhi syarat kelulusan. Dimulai 1 Februari sampai 17 Maret 2022.

Di era pandemi seperti ini, Rosita Indah Quraini berinisiatif membuat program kerja yakni mengunjungi salah satu dusun yang banyak melakukan kegiatan usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM). Untuk bekal ketahanan ekonomi di masa mendatang belajar berwirausaha atau berbisnis sangatlah penting. 

Di dusun terdapat beberapa rumah tangga yang membudidayakan ikan lele untuk konsumsi masyarakat dan diperuntukkan sebagai usaha berbasis digital marketing. Budidaya berawal dari pembibitan, pemisahan bibit, pemberian makan ikan, pemisahan lele besar dan kecil, hingga mengolah ikan siap saji kepada pelanggan.

Tahap selanjutnya yaitu memikirkan dan merancang strategi marketing, dengan cara membuat display foto (berisikan produk jadi maupun mentah) secara menarik. Lalu menawarkan produk di media social seperti whatsapp, facebook, dan instagram.

Tidak hanya itu, Rosita juga melaksanakan program kerja Edukasi penyebaran virus Covid-19 varian Omicron dengan sasaran ibu-ibu yang rentan berkerumun baik saat berbelanja, arisan, maupun bersosialisasi dengan tetangga. Saat program kerja berlangsung Rosita mengenalkan virus Covid-19 varian Omicron, cara mengetahui gejala terdampak, dan cara mengantisipasi terdampak virus. Hal itu sangat penting mengingat virus Covid-19 mudah sekali untuk  menyebar dan ditularkannya dengan waktu yang relatif cepat. Terbukti pada saat sosialisasi masih banyak ibu-ibu rumah tangga yang tidak memakai masker, dan mengabaikan jarak perkerumunan.  Tapi kita semua berdoa agar virus ini agar cepat hilang dan kembali pulih seperti sedia kala. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top