Mahasiswa KKN Univet 2022 Bimbing Generasi Milenial Mojosongo Baca Tulis Aksara Jawa

Print Friendly and PDF

Yanuar Bintang Pramana membimbing menulis aksara Jawa.

Mahasiswa KKN Univet 2022 Bimbing Generasi Milenial Mojosongo Baca Tulis Aksara Jawa

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, Yanuar Bintang Pramana melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di kampung Mertoudan Rt.06 Rw.09 Mojosongo, Jebres Surakarta. Kegiatan KKN dilaksanakan selama 45 hari terhitung dari tanggal 1 Februari 2022 sampai tanggal 17 Maret 2022.

Di era modern ini pemuda-pemudi milenial banyak yang kurang memahami akan penulisan dan pembacaan aksara Jawa. Oleh karena itu, pengenalan akan aksara Jawa kepada anak muda milenial sangatlah diperlukan untuk tetap melestarikan dan menguatkan kebudayaan sendiri. 

Pelatihan dilaksanakan setiap Sabtu dimulai dari pukul 13.30 WIB sampai pukul 14.30 WIB. Pembukaan pelatihan membaca dan menulis aksara Jawa dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2022. Pelatihan diikuti oleh pemuda-pemudi warga kampung mertoudan Rt.06 Rw.09 Mojosongo, Jebres, Surakarta. 

"Pelatihan membaca dan menulis diberikan kepada pemuda Rt.06 agar masyarakat tetap melestarikan bahasa asli kita dan mampu membaca dan menulis aksara Jawa dengan baik dan benar," terang Yanuar. 

Yanuar juga menambahkan materi pelatihan dimulai dari membaca dan menulis aksara Jawa nglegena, pasangan, sandhangan, sampai aksara swara, aksara angka, dan lain-lain.

"Dengan adanya pelatihan ini saya jadi lebih paham bagaimana cara membaca dan menulis aksara jawa dengan baik dan benar. Saya juga merasa nyaman dengan penyampaian materi dari Mas Yanuar. Ya jadi lebih mudah masuk lah," ucap Pipit salah satu peserta pelatihan.

Selama pelaksanaan pelatihan membaca dan menulis aksara Jawa, para pemuda Rt.06 terlihat memperhatikan dan mencoba dengan sangat antusias. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top