Magang Selama Setahun di Jerman, Mahasiswa DKV ISI Surakarta Jadi Pionir Magang di Luar Negeri

Print Friendly and PDF

Cahyo Destianto, mahasiswa angkatan 2016 yang telah selesai magang di Puma Headquarters di Herzogenaurach, Jerman saat presentasi magang secara daring.

Magang Selama Setahun di Jerman, Mahasiswa DKV ISI Surakarta Jadi Pionir Magang di Luar Negeri

Solo- majalahlarise.com -Dengan melalui proses yang panjang baik kelengkapan administrasi dan seleksi, akhirnya salah satu mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mampu diterima magang di luar negeri. Capaian ini sekaligus yang pertama kali dari Program studi yang terfavorit di ISI Surakarta ini bisa magang di sebuah perusahaan ternama yang berpusat di Jerman. 

Proses sebuah mata kuliah Kerja Profesi di Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dengan melaksanakan presentasi dengan dosen pembimbing lewat aplikasi daring pada Kamis, 27 Januari 2022. Seperti yang dilakukan oleh Cahyo Destianto, mahasiswa angkatan 2016 yang telah selesai magang di Puma Headquarters di Herzogenaurach, Jerman. 

Dengan dibimbing Garrick Kwan, salah seorang Senior Creative untuk mendampingi dalam melakukan proses desain selama magang, seperti mendapatkan tugas dari senior, mendapatkan brief, mencari konsep/inspirasi, presentasi konsep kepada senior, mengerjakan konsep yang sudah disetujui, konsep/desain yang sudah final dipresentasikan kepada tim Creative Marketing/tim yang ada dalam project, dan tahap eksekusi final. 

Beberapa karya desain dari Cahyo Destianto ini diterima dan diproduksi oleh pihak Puma, seperti desain poster promosi Manchester City untuk jersey edisi spesial dan jersey Esport Manchester City, konsep promosi baik untuk sepatu Puma King dan sepatu Puma Lazertouch. 

Cahyo Destianto yang bertempat tinggal selama magang di apartemen daerah Erlangen, Jerman bagian dari Bavaria dan 30 menit dari kota Nurnberg ini melaksanakan proses selama magang, dimana waktu yang awalnya hanya selama 6 bulan, tetapi melihat kompetensi yang memuaskan maka diperpanjang menjadi satu tahun mulai 11 Januari sampai 31 Desember 2021. 

Pencapaian ini sebagai bukti bahwa kompetensi mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mampu bersaing di tingkat internasional. Prestasi ini diraih oleh Cahyo Destianto, mahasiswa angkatan 2016 yang lolos seleksi untuk magang di produsen apparel olahraga ternama di dunia, yaitu Puma. 

Tidak tanggung-tanggung, dimana lokasi magang atau kerja profesi ini di kantor pusat Puma Headquarters di Herzogenaurach, Jerman yang ditempatkan di Divisi.

Creative Marketing dengan spesifikasi pada bagian Internship Graphic Designer dengan beberapa project yang dikerjakan yaitu mendesain konten dan mencari konsep untuk desain kampanye jersey terbaru Manchester City. Selain itu juga membantu mencari konsep untuk iklan sepatu sepak bola Puma, serta membantu apapun yang Senior Graphic Designer perlukan untuk desain atau konsep iklan. 

Mata kuliah Kerja Profesi ini sebagai pembimbing oleh Basnendar Herry Prilosadoso, S.Sn., M.Ds dalam rilisnya menjelaskan bahwa mahasiswa diwajibkan menyusun laporan dan melakukan presentasi agar dapat penilaian di akhir semester, selain itu prestasi ini sangat membanggakan bagi civitas akademik di ISI Surakarta tentunya. 

Menurut Cahyo, pengalaman selama di Jerman ini sangat berarti dan bermanfaat dalam proses studi dan nantinya setelah wisuda dalam meniti karier di bidang desain komunikasi visual kedepannya, sebab selain magang juga sempat berkunjung di bebera negara Eropa yang dekat dengan Jerman. Selain dari pihak manajemen memberi tawaran agar setelah selesai kuliah bisa bekerja kembali di Puma. 

Selanjutnya oleh Kaprodi DKV, Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn dengan capaian ini bisa menjadi penyemangat dan sekaligus inspirasi bagi mahasiswa lainnya baik di Prodi DKV maupun di lingkup kampus ISI Surakarta. (Sofyan)


Baca juga: Pengurus OSIS SMAN 1 Manyaran Masa Bakti 2021 / 2022 Dilantik


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top