Luar Biasa, Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Raih 61 Juara Nasional Selama Pandemi

Print Friendly and PDF

Arzaqi Kamal Billah

Luar Biasa, Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Raih 61 Juara Nasional Selama Pandemi

Solo- majalahlarise.com -Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat ini terus mengukir prestasi meskipun pandemi covid-19 masih berlangsung kurang lebih dua tahun ini. Arzaqi Kamal Billah, siswa kelas VIII ini, dalam rentang April 2021 hingga November 2021, sudah meraih 61 prestasi dalam berbagai ajang lomba tingkat nasional.

“Saya mengikuti lomba-lomba olimpiade IPA, Matematika, dan IPS secara daring atau online. Biasanya informasi lomba lewat media sosial. Setelah mendaftar, dimasukkan di grup telegram, kemudian login dengan user name dan password pada link CBT tersebut. Untuk lomba Smart Competition bidang IPS kemarin, saya mengerjakan 50 soal dalam waktu satu jam,” ucapnya.

Arzaqi Kamal Billah mengaku senang mengikuti lomba karena ingin meraih prestasi untuk membanggakan kedua orang tua dan sekolah. Selain itu, persiapan diri untuk masuk ke jenjang yang lebih tinggi, SMA. “Saya ingin mengikuti lomba lebih banyak lagi dan mendapatkan prestasi sebanyak-banyaknya,” terangnya.

Remaja 13 tahun putra dari pasangan Rendi Kusuma Putra dan Dewi Pujiani tersebut memiliki cara khusus untuk meraih kemenangan dalam setiap kompetisi. Apalagi, Arzaqi mengaku tidak belajar dengan guru les di rumah. Cara tersebut antara lain mencari informasi lomba di media sosial, mengikuti lomba yang sesuai dengan minat, belajar sesuai kisi-kisi lomba, memperdalam pemahaman dengan mengikuti webinar online dan berdiskusi dengan guru di sekolah, memperbanyak durasi belajar 4-5 jam sehari, serta sebelum berlomba selalu berdoa kepada Allah SWT dan mohon restu orang tua.

Baca juga: DEM FKIP Unisri Gelar Upgrading tahun 2021

Siswa yang minat terhadap mata pelajaran IPA Biologi tersebut memanfaatkan Sabtu dan Minggu untuk berlomba. “Biasanya Sabtu-Minggu dihabiskan untuk mengikuti lomba. Kurang lebih 6 lomba diikuti dalam dua hari tersebut. Mulai Sabtu siang hingga Minggu sore,” jelas siswa yang pernah menjadi juara tingkat nasional saat di kelas 5 dan 6 SD.

Berikut ini sebagian prestasi yang diraih oleh Arzaqi Kamal Billah:

1. Medali perak Kompetisi Matematika Hebat 2, komahe tingkat Nasional, Agustus 2021.

2. Medali emas Olimpiade Numerasi Nasional (ONN) Session 3 LEVEL 4, 21 Agustus 2021, Nasional

3. Medali emas Kompetisi Matematika Hebat 3 Nasional, 22 Agustus 2022

4. Medali perak Lomba Olimpiade MIPA Online (OMO) ke-2, Nasional, 5 September 2021

5. Medali perak Biologi Divyacompetition 1.0 tingkat Nasional. 18-19 September 2021

6. Medali Perunggu IPS dalam Mathematics and Science Competition (MSC 2021) Quantum Education Competition (QEC), Nasional, 18 September 2021

7. Medali Emas (Gold) National Math Olympiade (NMO) oleh Junior Competition Nasiona, 25 September 2021.

8. Medali Emas Kompetisi Matematika Nasional (KMN) 2021/2022, 5 Oktober 2021

9. Juara 1 Medali Emas Biologi Berprestasi Nasional 2 SMP/MTs (Biopres), 28-29 Agustus 2021

10. Juara 1, Matematika IPA (MIPA0 Kelas 8 tingkat SMP/MTs Se-Indonesia, OMNAS, 10 Oktober 2021.

11. Medali perak Olimpiade Biologi (OB) LIGA OLIMPIADE Nasional, 24 September 2021.

12. Medali Perak Festival Matematika Hebat Jenjang SMP/MTS & SMA/MA Sederajat nasional, 24 Oktober 2021

13. Medali Perunggu bidang IPA dalam Olimpiade Saintek Soshum Nasional jenjang SMP/MTs/Sederajat, 17 Oktober 2021.

14. Medali Perunggu IPS dalam Olimpiade Saintek Soshum Nasional jenjang SMP/MTs/Sederajat Mercury Education Centre, 17 Oktober 2021.

Prestasi yang diraih oleh Arza (panggilan akrab) menjadi kebanggaan bagi sekolah, apalagi telah mengumpulkan 61 prestasi tingkat nasional. Selaku Kepala SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Muhdiyatmoko, M.Pd. mengaku bangga dan mengapresiasi prestasi Arzaqi Kamal Billah.

“Saya berharap akan muncul Arzaqi-Arzaqi lain yang bisa mengharumkan sekolah dengan prestasi-prestasi. Semoga memacu semangat Arzaqi untuk terus belajar dan tentunya motivasi bagi siswa lain juga,” ujarnya. (Sofyan)


Baca juga: INKAI Wonogiri Gelar UKT (Uji Kenaikan Tingkat) Diikuti 267 Peserta




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top