KKN Univet 2021, Edukasi Pentingnya Laporan Keuangan UMKM

Print Friendly and PDF

Mega Dwi Utami saat menjelaskan laporan keuangan usaha kepada salah satu pelaku UMKM.

KKN Univet 2021, Edukasi Pentingnya Laporan Keuangan UMKM

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mega Dwi Utami salah satu mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan kegiatan edukasi pentingnya laporan keuangan didalam suatu usaha.

Pelaksanaan kegiatannya door to door yaitu di rumah ibu Sinta, salah satu pelaku UMKM didusun Curida Rt01/07 Parangjoro Grogol Sukoharjo. Selasa (7/9/2021).

Dalam keterangan terlulis, Mega Dwi Utami kepada majalahlarise.com menyampaikan ibu Sinta merupakan stokis perabotan rumah tangga seperti : Kasur, springbad, lemari plastik, sofa, meja belajar, etalase, lemari kaca, alumunium dan lain lain.

"Sebelum melaksanakan kegiatan saya meminta izin kepada beliau dan berbincang-bincang mengenai kendala didalam usahanya selama pandemi," ujarnya.

Ibu Sinta mengeluh karena pendapatanya tidak jelas karena tidak adanya laporan secara jelas dalam setiap transaksi, ia mengaku setiap mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan langsung disimpan didalam bekas tempat kue dan seringkali tercampur terpakai untuk kebutuhan pribadi.

"Dalam pertemuan saya dan ibu Sinta disela sela waktunya saya menyapaikan pentingnya laporan keuangan dan manfaat laporan keuangan dalam sebuah usaha sebagai dasar evaluasi serta membuatkan contoh format laporan keuangan sederhana dalam buku besar yang nantinya bisa digunakan ibu Sinta," katanya.

Mega Dwi Utami berharap dengan pengetahuan yang saya berikan mengenai laporan keuangan dapat membantu ibu Sinta dalam mengatur keuangan serta memilah milah keuangan untuk kebutuhan pribadi dan kebutuhan usaha agar tidak tercampur.

Ibu Sinta merasa sangat senang dengan adanya edukasi laporan keuangan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo.

"Dengan demikian saya menjadi paham manfaat laporan keuangan, dalam usaha saya sendiri"  ujar ibu Sinta. (Sofyan)


Baca juga: Prodi Teknologi Pendidikan FKIP Univet Bantara Gelar Webinar Editor dan Riviewer Jurnal


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top