KKN Univet 2021, Ajak Anak Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Print Friendly and PDF

Nola Meriyanti mengajarkan cuci tangan pakai sabun secara benar kepada anak-anak.

KKN Univet 2021, Ajak Anak-Anak Biasakan Cuci Tangan Pakai Sabun

Sukoharjo- majalahlarise.com -Pandemi virus corona (Covid 19) saat ini telah melanda berbagai negara di belahan dunia. Hingga saat ini belum ada vaksin ataupun obat yang terbukti efektif dalam mengobati penyakit tersebut. Badan Kesehatan Dunia atau WHO serta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serika atau CDC pun mengeluarkan imbauan mengenai hal yang harus dilakukan dalam mencegah corona jenis baru ini. Upaya yang bisa dilakukan adalah melakukan berbagai upaya pencegahan, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan sabun atau yang sering kita dengar dengan istilah CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun).

Nola Meriyanti, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo mengajak anak - anak di desa Gemblung rt 02 / rw 03 Karangwuni Polokarto Sukoharjo untuk mencuci tangan menggunakan sabun. Kamis (9/9/2021).

 Mencuci tangan dengan sabun dikenal juga sebagai salah satu upaya pencegahan penyakit. Hal ini dilakukan karena tangan sering kali menjadi agen yang membawa kuman dan menyebabkan patogen berpindah dari satu orang ke orang lain, baik dengan kontak langsung ataupun kontak tidak langsung. 

"Tangan yang bersentuhan langsung dengan kotoran manusia/binatang, ataupun cairan tubuh lain (seperti ingus, dan makanan/minuman yang terkontaminasi saat tidak dicuci dengan sabun dapat memindahkan bakteri, virus, dan parasit pada orang lain yang tidak sadar bahwa dirinya sedang ditularkan. Tangan tersebut selanjutnya menjadi perantara dalam penularan penyakit," terang Nola kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut dikatakan, mencuci tangan dengan air saja lebih umum dilakukan, tetapi hal ini terbukti tidak efektif dalam menjaga kesehatan dibandingkan dengan CTPS. Menggunakan sabun dalam mencuci tangan sebenarnya menyebabkan orang harus mengalokasikan waktunya lebih banyak saat mencuci tangan, tetapi penggunaan sabun menjadi efektif karena lemak dan kotoran yang menempel akan terlepas saat tangan digosok dan bergesek dalam upaya melepasnya. Di dalam lemak dan kotoran yang menempel inilah kuman penyakit hidup. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKN Univet, Bagikan Masker, Poster dan Handsanitizer Berbahan Alami



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top