Mahasiswa KKN Univet, Bagikan Masker, Poster dan Handsanitizer Berbahan Alami

Print Friendly and PDF

Abid Graha Dewantara membagikan Handsanitizer kepada salah satu warga.

Mahasiswa KKN Univet, Bagikan Masker, Poster dan Handsanitizer Berbahan Alami

Wonogiri- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN Univet Bantara Sukoharjo Abid Graha Dewantara melaksanakan beberapa Proker, salah satunya yaitu pembagian masker, poster dan handsanitizer berbahan alami secara gratis kepada masyarakat seacara door to door  supaya tidak menyebabkan kerumunan. Proker ini dilakuka tanggal 28 Agustus 2021 dan bertempat di dusun Nglongop RT 2 RW 3, desa Sedayu, Kecamatan Slogohimo. 

"Selain membagikan saya juga mensosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk tetep mematuhi 5M ( Menjaga jarak, Mencuci tangan, Memakai masker, Menghindari kerumunan dan Menimalisir mobalitas ) seperti yang sudah tertulis di poster dan  saya juga mengajak Masyarakat untuk memanfaatkan tumbuhan disekitar, seperti handsanitizer  yang saya bagikan, yang memiliki bahan dasar lidah buaya dan daun sirih," terang Abid kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut dikatakan, dirinya mengambil bahan dasar lidah buaya dan daun sirih, karena selain banyak tumbuh disekitar daerah tempat saya KKN,  pada daun sirih juga memiliki  zat antiseptic sehingga dapat menghambat bahkan membunuh bakteri serta virus dan lidah buaya berfungsi sebagai pelembab supaya kulit tidak kering saat menggunakan handsanitizer ini setelah itu saya juga mencampurkan perasan jeruk nipis untuk aromanya supaya wangi. 

Proses pembuatan handsanitizer alami.

Adapun Cara dan bahan pembuatan handsanitizer ini adalah Bahan: 50 gram daun sirih, 20 ml perasan jeruk nipis, Lidah buaya secukupnya, Air matang.

Cara pembuatannya: Mencuci daaun sirih lalu memotongnya kecil – kecil.

Menimbang daun sirih sebanyak 50 gr, setelah itu memasukan daun sirih ke dalam wadah yang sudah di idi dengan air matang 200 ml, sampai sirih terendam semua.

Mengkukus atau menguapkan daun sirih tadi pada suhu 90 derajat selama 15 menit.

Setelah itu mendinginkan lalu meniriskan daun sirih yang sudah di uapkan tadi.

Mengkupas lidah buaya dan dipotong kecil-kecil, lalu dicuci supaya bersih dari lendirnya.

Setelah bersih lidah buaya diblender sampai halus.

Merebus lidah buaya yang sudah dihaluskan dengan blender selama 15 menit, setalah 15 menit rebusan lidadah buaya didinginkan lalu disaring.

Mencampukan rebusan lidah buaya dan dun sirih kedalam satu wadah lalu ditambahkan perasan jeruk nipis untuk aromanya supaya wangi. Handsanitizer Alami siap digunakan. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top