Ciptakan Peluang Bisnis, Mahasiswa KKN Univet Membuat Keripik Jambu Monyet

Print Friendly and PDF

Dita menunjukan produk kripik jambu monyet.

Ciptakan Peluang Bisnis, Mahasiswa KKN Univet Membuat Keripik Jambu Monyet

Wonogiri- majalahlarise.com -Selain dikenal banyak orang sebagai kota Gaplek juga terkenal akan kacang mete Wonogiri. Selain mete, daging jambu monyet juga bisa dibuat cemilan. Tetapi masyarakat disini hanya memanfaatkan daging jambu monyet menjadi oseng untuk lauk dan sisanya yang buruk-buruk diberikan ke sapi atau kambing. 

Melalui observasi, Dita berinisiatif menyulap daging jambu monyet menjadi sebuah produk yang memiliki daya jual. Dita mencoba membuat keripik jambu monyet dengan melakukan observasi terlebih dahulu, mencari jambu di sekitar lingkungan lokasi KKN tersebut. Langkah awal pembuatan keripik ini dengan membuat bumbu kemudian di goreng dan di baluri tepung dengan berbagai varian rasa yaitu original, balado dan manis.

Selain membuat produk tersebut, Dita juga membuat brand dan membuat kemasan agar produk jambu monyet tersebut lebih menarik. Dita mengaku senang dengan pembuatan dan observasi yang dilakukan pada jambu monyet ini, karena bisa menambah pengalaman dan dapat di buat sendiri di rumah untuk lauk dan cemilan, dengan cara pembuatan yang terbilang mudah. 

"Membuat olahan jambu mete menjadi keripik agar memiliki nilai ekonomis dan dapat digunakan sebagai peluang bisnis atau ide berwirausaha yang tidak membutuhkan modal terlalu besar bagi masyarakat karena memanfaatkan sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar kita," ucap Dita Mahasiswa KKN Univet.

Adapun khasiat daging jambu monyet memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Bukan hanya menjadi produk makanan, akan tetapi juga baik untuk kesehatan jantung dan membantu membakar lemak. Mete jambu monyet juga memiliki segudang manfaat, bukan hanya dibuat coklat kacang mete tapi juga baik untuk kesehatan, misalnya mengurangi risiko penyakit jantung, serta untuk program diet karena mete mampu membantu menjaga berat badan. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021 Adakan Lomba Desain Poster untuk  Siswa SMP Negeri 15 Surakarta


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top