SISI POSITIF PANDEMI BAGI PENDIDIKAN

Print Friendly and PDF

SISI POSITIF PANDEMI BAGI PENDIDIKAN

Oleh: M. Nur Salim, SH, M.Pd

Guru SMK Kesehatan Cipta Bhakti Husada Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

M. Nur Salim, SH, M.Pd



       Adanya pandemi Covid-19 gaya hidup masyarakat mau tak mau pun ikut berubah demi menjaga diri dan orang lain, misalnya dengan tidak berkumpul guna mencegah penyebaran virus. Begitupula di dunia pendidikan  kegiatan yang biasa berlangsung tatap muka, seperti belajar-mengajar di sekolah harus dihentikan. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan pun mengeluarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat COVID-19.

       Covid-19 telah begitu banyak memberikan dampak negatif bagi kehidupan masyarakat, namun sebagai generasi bangsa yang selalu kritis dalam melihat sebuah fenomena dan persoalan maka mari kita coba analisa sisi positif dari adanya pandemi Covid-19 bagi pendidikan di Indonesia, dengan melihat realita, fakta dan data selama pandemi ini.

Dampak atau sisi positif tersebut diantaranya : 1. Mempercepat transformasi pendidikan. Dengan adanya pandemic Covid-19 ini  kita di paksa untuk menggunakan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran. Internet menjadi kebutuhan pokok baik bagi para pendidik maupun peserta didik

       2. Kreatifitas tanpa batas. Dengan kondisi yang tidak nyaman dan banya keterbatasan akhirnya memunculkan banyak kreatifitas dari para pihak yang terkait dengan dunia pendidikan, baik pemangku kepentingan, pemerintah, para pendidik dan para peserta didik untuk terus belajar dan belajar menciptakan kretifitas dalam dunia pendidikan, untuk mengoptimalkan pembelajaran

       3. Kolaborasi guru dan orangtua. Dengan program belajar dari rumah, memerlukan kolaborasi dan kerjasama yang sinergis antara guru dan orang tua, guru memberikan matari pembelajaran secara daring, orang tua mendampingi dan memotivasi anaknya untuk tetap belajar dengan aktif meskipun tidak dengan pembelajaran secara langsung dengan guru, apabila ada permasalahan dalam pembelajaran darin atau belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh segera mendiskusikan dengan pihak sekolah melalui guru .

       4. Membangun mental individu untuk berfikir positif. Dr. Ibrahim Elfiky (Maestro Motivator Muslim Dunia ) dalam bukunya yang  berjudul Terapi Berpikir Positif mengatakan bahwa untuk melakukan perubahan positif dalam hidup, maka mulailah dengan Tawakal kepada Allah.

       5. Memfungsikan orang tua sebagai pendidik utama. Pendidikan yang pertama di terima oleh seorang anak adalah pendidikan yang di lakukan orang tua kepada anak – anaknya. Seperti yang di contohkan oleh Lukman Hakim tokoh pendidikan islam yang diabadikan dalam kitab suci Al quran, mendidik anaknya didalam lingkungan keluarga yang kondusif dan secara sistematis, mulai dari ketauhidan atau ketuhanan, berbakti kepada orang tua, sikap sosial kepada sesama dan lain – lain.

         Mari tetap berfikir kritis dan selalu melihat sesuatu secara perspektif positif, melihat tantangan menjadi sebuah peluang. 

Sumber bacaan : www.suteki.co.id


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top