Tiga Dosen Baru DKV ISI Surakarta Lulus Latsar Kemendikbudristek Siap Bekerja Profesional

Print Friendly and PDF



Tiga Dosen Baru DKV ISI Surakarta Lulus Latsar Kemendikbudristek Siap Bekerja Profesional

Solo- majalahlarise.com -Kegiatan selama Latsar berupa masa habituasi ketiga dosen DKV FSRD ISI Surakarta ini melakukan aktualisasi, seperti oleh Ditya Fajar Rizkizh, S.Sn., M.Sn. berupa pembuatan media sosial Instagram resmi Prodi DKV dengan akun @dkvisisolo. Sementara itu, Monica Revias Purwa Kusuma, S.Sn.,M.Sn merancang galeri virtual sebagai ruang apresiasi karya tugas mahasiswa yang dapat diakses dari website Prodi DKV. Sedangkan Hening Laksani, M.Pd melakukan penyusunan e-modul MK Bahasa Inggris yang relevan dengan Prodi DKV. Kegiatan aktualisasi ini bertujuan untuk membiasakan diri dan menerapkan nilai-nilai dasar, peran, dan kedudukan ASN di unit kerja masing-masing. 

Tiga dosen ini dari enam dosen CPNS telah selesai dan lulus mengikuti pendidikan dan pelatihan dasar (Latsar) merupakan kewajiban setelah diterima menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), dimana tujuan Latsar untuk melatih dan membentuk pegawai profesional dan berkarakter yang berlangsung mulai 26 September - 10 Desember 2022. 

Rangkaian Latsar dimulai dengan mempelajari materi melalui learning management system MOOC dan distance learning selama tiga minggu. Selanjutnya mereka menjalani masa habituasi selama sebulan, dan ditutup dengan pembelajaran klasikal selama seminggu.

Selama distance learning, ada tiga agenda yang dipelajari yaitu agenda pertama tentang perilaku bela negara mengenai seputar wawasan kebangsaan, wawasan isu kontemporer, dan kesiapsiagaan bela negara. Selanjutnya agenda kedua tentang perilaku dan nilai-nilai dasar ASN BerAKHLAK yang terdiri dari nilai-nilai berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Sementara itu, agenda ketiga tentang peran dan kedudukan ASN dalam mendukung smart governance.

Baca juga: Gelar Karya P5 SDN Kedungsono 03 Bulu Bertajuk Market Day

Ketika menjalani distance learning, ketiganya juga diwajibkan merancang kegiatan aktualisasi yang perlu dikerjakan selama masa habituasi.

Setelahnya, ketiganya wajib mengikuti pembelajaran klasikal dari gelombang 92-96 Latsar Kemendikbudristek. Pembelajaran klasikal ini berlangsung pada 5-10 Desember 2022 di Pusdiklat Kemendikbudristek, Depok. Tujuannya untuk memperkuat materi dan praktik agenda 1-3 yang telah dipelajari di masa distance learning. Pada masa klasikal ini para peserta Latsar juga menjalani evaluasi aktualisasi yang sudah dikerjakan selama masa habituasi.

Evaluasi aktualisasi merupakan kegiatan di mana para peserta Latsar melaporkan dan mempresentasikan kegiatan aktualisasi, dimana pada tahap ini mereka mempertanggunghjawabkan kegiatan aktualisasi di depan penguji, coach, dan mentor. Kelulusan mereka sebagai calon PNS ditentukan pada pertanggungjawaban ini.

Ketiga dosen baru ini menjalani evaluasi pada Jumat, 9 Desember2022 dan dinyatakan lulus. Di akhir evaluasi, mereka pun diwajibkan mengucap sumpah untuk menjadi pegawai profesional dan siap menjalankan tugas.

Dengan dinyatakan lulus pada tahap evaluasi aktualisasi, artinya seluruh rangkaian Latsar yang mereka ikuti juga berakhir. Mentor ketiga dosen baru sekaligus Kaprodi DKV ISI Surakarta, Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn. memiliki harapan tersendiri. “Dengan lulusnya ketiga dosen baru ini, harapannya dapat memajukan prodi dan mampu menjalankan tugas sebaik-baiknya sesuai Tridharma Perguruan Tinggi”, ungkapnya.

Keesokan harinya, seluruh peserta mengikuti penutupan Latsar yang diadakan di Gedung Merah Putih Pusdiklat Kemendikbudristek. Pada penutupan tersebut juga diumumkan para peserta dengan predikat lulusan terbaik. 

Monica Revias Purwa Kusuma, S.Sn.,M.Sn sebagai salah satu peserta dari Prodi DKV ISI Surakarta menjadi salah satu lulusan dengan predikat sangat memuaskan. Kemudian, penutupan Latsar pun diakhiri dengan sambutan dari Kepala Pusdiklat Kemendikbudristek, Dr. Ir. Mustangimah,M.Si., dimana beliau berpesan kepada seluruh peserta Latsar agar nantinya ketika kembali ke unit masing-masing dapat mengaplikasikan apa yang telah dipelajari selama di Latsar. Utamanya tentang perilaku bela negara, nilai-nilai dasar ASN, hingga fungsi dan tugas ASN sesuai jabatan masing-masing. (Sofyan)


Baca juga: Bekali Mahasiswa Test Kampus Mengajar Batch V, Prodi DKV ISI Surakarta Adakan Bimbingan Internal


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top