Mahasiswa UNISRI Melaksanakan Magang Kerja di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surakarta

Print Friendly and PDF

Mahasiswa Unisri saat foto bersama dengan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surakarta.


Mahasiswa UNISRI Melaksanakan Magang Kerja di Satuan Polisi Pamong Praja Kota Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Universitas Slamet Riyadi Surakarta setiap tahunnya mengadakan program kerja praktek magang untuk memperkenalkan dan menumbuhkan kemampuan mahasiswa/i dalam dunia kerja nyata. Dalam rangka membekali mahasiswa terkait pengetahuan dan keterampilan praktik di dunia kerja, mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta semester tujuh, diterjunkan ke lapangan untuk mengikuti magang kerja. Mahasiswa magang yaitu Daeyana (21), Agnes (21), Michelle (21), Wulan (22), Yusril (21) dari kelompok 08 tahun 2022 yang didampingi oleh Bapak Drs. Sumaryanto, MM selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Melakukan praktek magang di Satuan Polisi Pamong Praja.

"Pelaksanaan kegiatan magang di Satuan Polisi Pamong Praja dilaksanakan mulai tanggal 7 November hingga 23 Desember 2022. Magang merupakan salah satu mata kuliah wajib ditempuh sebagai syarat bagi mahasiswa akhir. Tujuan diadakannya magang kerja ini dapat memberikan gambaran sekaligus pengalaman secara langsung pada mahasiswa terhadap dunia kerja," terang Wulan kepada majalahlarise.com.



Lebih lanjut disampaikan, adapun bidang-bidang yang terdapat di Satuan Polisi Pamong Praja  yaitu bidang Sekretariat terdiri dari Administrasi dan Umum, Perencanaan dan Penganggaran, Kepegawaian dan Organisasi, bidang Penanganan Gangguan Ketentraman dan Ketertiban Umum, bidang Penegakan Perda, dan bidang Pengembangan Kerjasama.

"Mahasiswa magang di tempatkan di bidang Sekretariat. Yang mana setiap 2 minggu sekali akan dilakukan pergantian. Alasan dilakukan pergantian agar mahasiswa magang mendapatkan pengalaman secara langsung pada masing-masing bagian yang terdapat di bidang Sekretariat," ungkapnya.

Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan setiap bagian di dalam sekretariat yaitu Subbagian Perencanaan dan Penganggaran. Subbagian Perencanaan pelaksanaan, monitoring dan evaluasi terkait Perencanaan, penganggaran, dan evaluasi kinerja. Subbagian Administrasi dan Umum. Subbagian Administrasi dan Umum melaksanakan tugas monitoring dan evaluasi terkait pengelolaan surat menyurat, pengelolaan arsip, pengelolaan sarana prasarana dinas, pengelolaan pelayanan umum dinas. Subbagian Kepegawaian dan Organisasi. Subbagian Kepegawaian dan Organisasi melaksakan tugas membantu pengelola kepegawaian merekapitulasi hasil absensi, membantu pengelola kepegawaian membuat surat tugas untuk anggota Satuan Polisi Pamong Praja, membantu pengelola kepgawaian membuat laporan kinerja harian untuk Pengeleloal kepegawaian melalui apikasi e – kinerja, dan lain sebagainya. 

"Selama melaksanakan kegiatan magang di Dinas Satuan Polisi Pamong Praja banyak kegiatan atau pekerjaan yang sebelumnya belum pernah dilakukan. hal tersebut menjadi suatu tantangan tersendiri dalam menjalani kegiatan magang" ungkap Wulan mahasiswa magang. 

Diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan magang di Satuan Polisi Pamong Praja dapat memberikan pengalaman pada mahasiswa yang magang. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top