Latih Imajinasi Murid dengan Seni Kreativitas Gerabah

Print Friendly and PDF

Murid praktik membuat gerabah dari tanah liat. 


Latih Imajinasi Murid dengan Seni Kreativitas Gerabah

Solo- majalahlarise.com -Sejumlah 79 murid kelas II SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti kegiatan Parents Day di Ruang Hall sekolah, Sabtu (29/10/2022).

Kegiatan ini mengangkat tema "Berkreasi dengan Tanah dan Melukis Gerabah," bekerja sama dengan Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Murid dibagi menjadi delapan kelompok. Setiap kelompok didampingi satu mahasiswa FSRD UNS. 

Pada sesi pertama, murid praktik membuat gerabah dari tanah liat. Para murid sangat antusias, ada yang membuat gelas kelinci, tas belanja, teko, dan tempat pensil.

"Aku senang bisa praktik membuat gerabah dengan cara dipilin. Meskipun awalnya susah dan lengket di tangan, aku berhasil membuat monster daun," ungkap Prabu Dharmatirta Wardana, salah satu murid kelas II.

Baca juga: Manfaat Melimpah Super Apps Mulai Dari Info Muktamar, Diskon, Hingga Doorprize Rumah

Sesi kedua, murid praktik melukis gerabah menggunakan cat air dan kuas. Murid mewarnai sesuai imajinasinya masing-masing. Ada yang membuat lukisan hello kitty, pemandangan, dan motif bunga. Mereka sangat senang dengan kegiatan Parents Day hari ini.

Riastanti Adiwardani, selaku ketua komite kelas II sebagai penyelenggara  kegiatan, mengungkapkan bahwa tujuan acara ini untuk melatih kemampuan sensorik dan motorik murid. 

"Dengan memperkenalkan tekstur tanah liat serta berimajinasi membuat kreativitas dalam kegiatan mencampur warna saat melukis gerabah diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dan pengalaman baru bagi murid-murid," imbuhnya.

Kegiatan Parents Day diakhiri dengan pembagian door prize bagi murid yang memenuhi penilaian lima kategori, yaitu murid yang datang paling awal, kreasi terunik untuk seni tanah liat, kreasi paling rapi untuk seni tanah liat, kreasi paling rapi untuk seni mewarnai gerabah, dan kreasi terserasi untuk seni mewarnai gerabah. (Sofyan)


Baca juga: Pisah Sambut Kepala SMPN 1 Manyaran dari Drs. Warno, M.Pd kepada Agus Sumarno, S.Pd, M.Pd



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top