Tingkatkan Minat Baca Warga, Tim KKN-T Unisri Kelompok 76 Menata Ulang Perpustakaan

Print Friendly and PDF

Anggota tim KKN-T Unisri Kelompok 76 saat berada di perpustakaan mini usai ditata ulang.


Tingkatkan Minat Baca Warga, Tim KKN-T Unisri Kelompok 76 Menata Ulang Perpustakaan

Karanganyar- majalahlarise.com -Desa Wonorejo merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Gondangrejo Kabupaten Karanganyar. Desa Wonorejo memiliki 12.591 ribu penduduk yang tersebar di beberapa dusun diantaranya: Ceplukan, Jetak, Krebet, Sadon, Sanggrahan, Sugihwaras, Watuburik, Wonoharjo, Wonorejo/Saudan, Wonolapan, Selorejo, dan Balong.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) mahasiswa Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta kelompok 76, dari Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi, dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Herning Suryo. M.Si dan ketua kelompok kami Muhammad Faizal Ramadhan, melakukan kunjungan ke Pos Ronda RT 02 RW 17 Sanggrahan, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar. Kunjungan tersebut bertujuan untuk meninjau kelayakan tempat minat baca bagi anak-anak dan bagi warga desa setempat, pada Kamis (28/7/2022).

Saat tim KKN-T Kelompok 76 meninjau kondisi tempat minat baca sangat kurang dan tidak terawat. Masih banyak buku yang hanya ditaruh di kotak box saja dan dititipkan di rumah warga. Berbagai jenis buku yang ada dalam perpustakaan mini seperti buku pengetahuan, novel, komik, buku sejarah, kamus, buku pelajaran, RPUL, dan buku agama. Buku-buku tersebut masih layak untuk digunakan bagi warga desa Sanggrahan.

Melihat kondisi perpustakaan tersebut, KKN-T Kelompok 76 UNISRI berinisiatif membersihkan dan melakukan penataan ulang perpustakaan mini Desa Sanggrahan Wonorejo. Sebelum melakukan penataan ulang, kami dari tim dari kelompok 76 juga meminta izin kepada Pak RT dan warga setempat untuk melakukan kegiatan kami, tidak lupa pula kami tetap memenuhi protokol kesehatan.

Tujuan dari kegiatan dari membersihkan perpustakaan mini ini adalah agar perpustakaan terlihat bersih dan rapi, sehingga warga desa apalagi anak-anak dapat tertarik datang ke Pos Ronda tempat lokasi perpustakaan mini. Selain kondisi perpustakaan mini yang bersih, juga dapat menarik perhatian anak-anak warga Desa Sanggrahan Wonorejo yang hanya bermain gadget saja agar lebih gemar membaca.

Tak hanya membersihkan dan menata ulang, tim KKN-T Kelompok 76 juga menggolongkan buku-buku sesuai dengan jenis buku, Hal tersebut dilakukan untuk memudahkan pengunjung perpustakaan mini dalam mencari buku yang ingin dibaca. 

“Kegiatan membersihkan perpustakaan mini untuk ini dilakukan agar minat baca warga setempat aktif kembali, karena dulu sudah pernah jalan tapi dikarenakan tempat yang kotor jadi minat warga untuk berkunjung ke perpustakaan jadi berkurang,” ujar Pak Heri selaku ketua RT 01 Desa Sanggrahan, Wonorejo. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top