Penyuluhan Dalam Meningkatkan UMKM Daerah Oleh KKN Unisri Kelompok 34 Desa Tuban

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat memberikan penyuluhan kepada pelaku UMKM. 

Penyuluhan Dalam Meningkatkan UMKM Daerah Oleh KKN Unisri Kelompok 34 Desa Tuban

Karanganyar- majalahlarise.com -Dalam rangka meningkatkan UMKM daerah, Kuliah Kerja nyata Tematik-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Kelompok 34 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Drs. Suharno, MM, Akt, melaksanakan KKN di desa Tuban, Gondangrejo, Karanganyar, menyelenggarakan penyuluhan dalam meningkatkan UMKM di daerah. 

"Penyuluhan diikuti 21 pelaku UMKM dusun Tuban Lor, bertempat di rumah bapak bayan, Joko, pada hari Minggu lalu," demikian diungkapkan pelaksana kegiatan Wahiditia Anugraheni, Sabtu (6/8/2022). 

Lebih lanjut, Wahiditia Anugraheni menjelaskan latar belakang penyuluhan dalam meningkatkan UMKM di daerah, guna mempersiapkan pelaku usaha

yang memiliki kemampuan dasar untuk memulai serta menjalankan usaha dengan baik dan menumbuhkan pelaku usaha yang kompeten dan dapat berbagi ilmu dengan masyarakat sekitar Desa Tuban Lor. 

Desa Tuban Lor memiliki penduduk yang mayoritas merupakan pelaku UMKM. Dalam upaya pengembangan dan pemberdayaan UMKM ini, ditemui kendala yang berupa minimnya pelaku UMKM yang melaksanakan perencanaan pengembangan usaha yang strategis. 

Di dalam penyuluhan ini dipaparkan materi mengenai permasalahan yang sering dihadapi dalam UMKM dan perencanaan strategis dalam mengoptimalkan segala daya dan upaya yang dimiliki pelaku UMKM untuk tetap tumbuh dan berkembang. 

Dengan adanya penyuluhan ini diharapkan para pelaku UMKM bisa mendapatkan tambahan pengetahuan serta mendapatkan aspek pengembangan bisnis sehingga bisa meningkatkan skala usahanya. 

Pada penyuluhan dalam meningkatkan UMKM daerah mendapatkan antusias dari para pelaku UMKM. Mereka tidak hanya mendengarkan penjelasan, namun juga aktif dalam bertanya. (Sofyan) 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top