KKN Univet 2021, Beri Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Print Friendly and PDF

Danniar Candrawati saat memeriksa tekanan darah dan kadar glukosa darah warga Dusun Brubuh, RT 03/RW 01, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri


KKN Univet 2021, Beri Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis 

Wonogiri- majalahlarise.com -Pandemi Covid-19 masihlah belum menghilang dan masih mengintai masyarakat. Untuk itu selain melaksanakan prokes, menjaga serta memantau kesehatan sekarang sudah menjadi kegiatan rutin yang tidak bisa dihilangkan. Contohnya pemeriksaan kesehatan seperti tekanan darah dan kadar glukosa darah bagi kalangan usia dewasa dan manula.

Danniar Candrawati, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Prodi D3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan program kerja KKN Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis berupa pemeriksaan tekanan darah dan kadar glukosa darah kepada warga Dusun Brubuh, RT 03/RW 01, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri dengan rentang usia mulai dari 35 tahun ke atas, pada Jumat (3/9/2021) dan Sabtu (4/9/2021).

Candra (mahasiswa) selaku pelaksana kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengatakan bahwa program kerja tersebut termasuk salah satu program kerja utama yang mengacu pada bidang kegiatan Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan KKN Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dilakukan oleh Candra dengan memeriksa tekanan darah menggunakan tensimeter digital yang dilanjutkan dengan pemeriksaan kadar gula darah menggunakan alat tes kadar gula darah.

Candra mahasiswa pelaksana kegiatan KKN berharap dengan diadakannya program kerja Pelayanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis, bisa membantu masyarakat Dusun Brubuh untuk memantau kesehatan tanpa harus sering datang ke rumah sakit.

Kegiatan dilaksanakan karena Candra melihat banyak warga dewasa-manula yang merasa cemas dan takut untuk pergi ke rumah sakit atau klinik semenjak pandemi sehingga pemeriksaan rutin yang dilakukan menjadi terkendala. 

“Saya masih takut kalau harus pergi ke rumah sakit untuk cek tensi darah dan kadar glukosa darah dan kalau melakukan pemeriksaan mandiri di rumah dengan membeli alatnya saya tidak tahu cara menggunakannya,” ujar Danik (45) salah satu warga. (Sofyan)


Baca juga: KKN Univet 2021, Terapkan PHBS Secara Online dan Offline di Desa Mirahan



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top