KKNT Unisri, Sosialisasi Penggunaan Aplikasi BukuKas pada pelaku UMKM dalam Membantu Pengelolaan Keuangan

Print Friendly and PDF

Titan Ferry Nandhi Nurcahyanto saat sosialisasi aplikasi BukuKas pada salah satu pelaku UMKM.


KKNT Unisri, Sosialisasi Penggunaan Aplikasi BukuKas pada pelaku UMKM dalam Membantu Pengelolaan Keuangan

Solo- majalahlarise.com -Pengelolaan keuangan yang baik merupakan awal dari berkembangnya suatu bisnis, karena hal itu merupakan fondasi yang penting untuk jenis usaha apapun. Pengelolaan keuangan usaha yang baik artinya mengetahui setiap pergerakan arus kas serta dapat mengontrol pengeluaran uang agar usaha kita tidak mengalami kredit macet atau kerugian.

Tetapi, apakah setiap pelaku usaha, khususnya UMKM yang baru merintis usaha, sadar akan pentingnya mengatur keuangan usaha mereka? Lalu, apakah mereka mampu melakukannya dengan benar?

Sebenarnya caranya mudah. Anda hanya perlu rajin mencatat setiap transaksi keuangan yang dilakukan, termasuk diantaranya penjualan, pembelanjaan modal, pelanggan yang berhutang, pembayaran tempat sewa, dan sebagainya. Tetapi, apa yang terkesan mudah, belum tentu mampu dijalankan oleh setiap wirausahawan.

Banyak kendalanya. Bisa jadi, Anda malas mencatat di buku, merasa repot dengan hitung-hitungan manual, kalkulator ketinggalan, catatan mudah terselip, dan sebagainya.

Sekarang, semua kendala tersebut bisa teratasi dengan BukuKas yang membantu para pelaku usaha untuk mengelola dan memantau keuangan bisnis mereka melalui smartphone.

BukuKas adalah suatu aplikasi pengelolaan keuangan digital yang gratis, aman dan mudah bagi para pelaku usaha untuk membantu mereka melakukan pengelolaan keuangan secara benar dan praktis, agar usaha mereka bisa berkembang.   

Sehingga mahasiswa KKNT UNISRI 2021 yang bernama Titan Ferry Nandhi Nurcahyanto dari Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta memberikan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi BukuKas pada pelaku UMKM agar membantu mereka melakukan pengelolaan keuangan secara benar dan praktis. Sosialisasi ini dilaksanakan di Pucangsawit Rt 5 Rw 10 Jebres Surakarta.

"Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para pelaku UMKM mudah dalam melakukan pembukuan secara digital hanya melalui ponsel mereka," harap Titan Ferry Nandhi Nurcahyanto. (Sofyan)


Baca juga: SMP Negeri 8 Surakarta, Lakukan Supervisi Guru Saat Pandemi



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top