KKNT Unisri 2021 Pelatihan Ibu-Ibu Rumah Tangga Cara Pembuatan Konektor Masker

Print Friendly and PDF

Siti Musarofah bersama ibu-ibu menunjukkan hasil karya pembuatan konektor masker.

KKNT Unisri 2021 Pelatihan Ibu-Ibu Rumah Tangga Cara Pembuatan Konektor Masker

Sragen- majalahlarise.com -Pandemi Covid tidak menghalangi Universitas Slamet Riyadi Surakarta (UNISRI)   untuk melaksanakan pengabdian masyarakat. Melalui Program Kuliah Kerja Nyata- Tematik MBKM  Wujudkan Desa Bangkit. Siti Musarofah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Slamet Riyadi Surakarta berpastisipasi dalam membatu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengadakan kegiatan edukasi kreatifitas dengan pelatihan  pembuatan Konektor Masker.

Dampak dari pandemi Covid-19  ini sagat dirasakan oleh masyarakat, khususnya  ibu-ibu rumah tangga Dusun Banaran Rt.22, Kelurahan Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Sragen . Di masa pandemi seperti sekarang ini sangat mempengaruhi segala aspek kehidupan salah satunya pada aspek perekonomian. Dalam  hal ini diperlukan kerjasama dengan berbagai pihak untuk memulihan perekonomian.

Melalui kegiatan pelatihan pembuatan konektor masker mutiara ini diharapkan  memberikan semangat kepada masyarakat setempat, agar mereka tidak malas menggunakan  masker dalam kegiatan setiap harinya, terutama para pengguna hiljab yang  dalam pekerjaannya harus menggunakan masker. 


Baca juga: Mahasiswa KKNT Unisri 2021 Sosialisasi Pembuatan Jahe Instan

Banyak hijabers yang sering tidak menggunakan masker, alasannya menggunakan masker yang harus dikencangkan atau malas menggunakan tali masker yang bertuliskan langsung ke telinga, karena pengguna akan membuat kulit di belakang daun telinga tersengat/merah, yang dapat menyebabkan rasa sakit.

Siti Musarofah  dalam keterangan tertulis menyampaikan adanya pelatihan pembuatan konektor masker mutiara ini dapat dimanfaatkan oleh ibu-ibu rumah tangga  dalam mengisi waktu luang, dapat membantu  meningkatkan penghasilan ibu-ibu rumah tangga  dan membuka lapangan pekerjaan bagi ibu-ibu rumah tangga agar tidak selalu mengandalkan penghasilan pokok dari 

Pelatihan pembuatan konektor masker dilaksanakan oleh anggota KKNT MBKM, Siti Musarofah dari Kelompok 05 dengan DPL Bapak Drs. Suprayitno, M. Si dan Pembimbing Ibu Y Arumdika P, SH., MH. di Dusun Banaran Rt 22,Kelurahan Jenggrik, Kecamatan Kedawung, Kabutapen Sragen. Kegiatan pelatihan  ini dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Agustus 2021, Pukul 13.00 WIB.

“Pelatihan  yang diikuti sebanyak  4 orang ibu-ibu rumah tangga dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan dan jumlah peserta terbatas yang sesuai dengan aturan pemerintah, terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam pembuatan konektor masker  mutiara ini bahan dan alat yang diguakan sangat mudah ditemui dan harganya terbilang sangat terjangkau, hanya saja dalam pembuatan konektor masker mutiara dibutuhkan kesabaran dan kreatifitas yang tinggi.

Diakhir acara Siti Musarofah, menjelaskan bahwa tujuan  dari pelatihan ini untuk  meningkatkan produktif dimasa pandemi Covid-19 serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kesehatan  melalui penggunaan masker yang benar. (Sofyan)


Baca juga: KKNT UNISRI 2021 Kembangkan Jahe dan Temulawak Instan Meningkatkan UMKM dan Imunitas Tubuh 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top