KKN Univet 2021, Pengabdian Masyarakat dengan Edukasi Pencegahan Covid-19 di Desa Eromoko

Print Friendly and PDF

Iche Peggi Rohmawati saat memberikan penjelasan mencuci tangan dengan benar.

KKN Univet 2021, Pengabdian Masyarakat dengan Edukasi Pencegahan Covid-19 di Desa Eromoko

Wonogiri- majalahlarise.com - Mahasiswi  Univet Bantara Sukoharjo Program Studi Kesehatan Masyarakat bernama Iche Peggi Rohmawati melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) secara mandiri di Era Covid-19 dengan pembimbing Bu Syefira Ayudia Johar, ST.,M.K.M. KKN mandiri dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal masing- masing tepatnya di Dusun Gedong RT 03/ RW 07 Desa Eromoko, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri,  selama 45 hari. 

Dusun Gedong RT 03/ RW 07  merupakan dusun kecil  dengan luas sekitar 400× 200 meter dengan pemandangan indah dan  asri  karena di kepung oleh gunung- gunung  serta terdapat sawah dan irigasi yang bernama waduk Parang Joho,  mengingat sebagian besar masyarakat bermata pencaharian petani. Jumlah penduduk  sekitar 179  jiwa, dengan jumlah KK 61 dan KK wanita 10 orang. 

"Kegiatan edukasi mencuci tangan pakai sabun dengan baik dan benar merupakan salah satu program dalam rangka membantu menanggulangi penyebaran Covid-19 yang dilaksanakan tanggal 27 Agustus 2021," terang Iche Peggi Rohmawati kepada majalahlarise.com.

Berawal dari masyarakat yang masih mencuci tangan tidak menggunakan sabun dan tidak sesuai langkah yang dianjurkan. Selain itu banyak masyarakat yang mengabaikan mencuci tangan. 

Kegiatan dilakukan dengan sosialisasi kepada beberapa anak- anak, karena anak- anak memiliki imun yang rendah. Selain itu juga kurangnya pengetahuan terkait pentingnya mencuci tangan pakai sabun untuk mencegah Covid-19. 

Selain program edukasi terkait CTPS, juga dilakukan kegiatan yang dilakukan bersama  anak- anak yaitu pembagian masker dan edukasi terkait cara menggunakan masker yang benar. 

Kegiatan ini dilakukan secara langsung atau secara offline tetapi tetap dengan mematuhi prokes yaitu menjaga jarak dan membatasi jumlah anak- anak yang terlibat. Membuat poster tentang langkah - langkah CTPS sesuai anjuran WHO dan cara memakai masker dobel yang benar juga merupakan kegiatan yang dilakukan, kegiatan ini ditujukan untuk para remaja. Penyebaran poster dilakukan secara online dengan menyebarkan melalui beberapa grup wattshap. (Sofyan)


Baca juga: KKN Univet 2021, Beri Bantuan Masker Kepada Warga Dusun Donosari


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top