Iringan Musik Etnik Gambus Pepetik dalam Aksi Unik Pajang Poster Kampanye Budaya Bersih dan Sehat

Print Friendly and PDF

Aksi kreatif sebagai bagian dari Kampanye Budaya Hidup Bersih dan Sehat yang diinisiasi oleh Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini yang dalam pelaksanaannya diiringi musik etnik Gambus Pepetik dari Kepulauan Tanimbar, Maluku.


Iringan Musik Etnik Gambus Pepetik  dalam Aksi Unik Pajang Poster Kampanye Budaya Bersih dan Sehat

Solo- majalahlarise.com -Aksi kreatif sebagai bagian dari Kampanye Budaya Hidup Bersih dan Sehat yang diinisiasi oleh Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini yang dalam pelaksanaannya diiringi musik etnik Gambus Pepetik dari Kepulauan Tanimbar, Maluku. 

Musik ini yang dimainkan secara individual oleh Lukas Angwarmase, warga Perum Solo Elok, Mojosongo, Jebres yang juga asli berasal dari Kepulauan Tanimbar, Maluku yang menyanyikan lagu nasional dengan semangat dan menghibur warga masyarakat yang hadir menonton pameran poster di ruang terbuka di kawasan Ngarsopuro, Slamet Riyadi Solo. 

Lukas Angwarmase, menjelaskan bahwa aksinya ini diharapkan untuk mengingatkan kepada semua elemen anak bangsa selalu menjaga dan meneladani makna kemerdekaan dalam kehidupan sehari-hari. 


Baca juga: Mahasiswa KKNT Unisri Sosialisasi dan Pendampingan Produksi UMKM  di Dusun Soko

Desain poster berjumlah 20an karya dari dosen dan mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini digelar di perempatan Ngarsopuro, Slamet Riyadi Solo pada Selasa, 17 Agustus 2021 dengan beragam teknik dan pesan yang didalamnya. 

Warga masyarakat yang kebetulan lewat di lokasi perempatan Ngarsopuro Slamet Riyadi, Solo begitu antusias dalam ikut meramaikan aksi kreatif ini. Beragam warga masyarakat yang tergabung dalam komunitas sepeda tua, pejalan kaki, komunitas pejuang, dan warga lainnya ikut menggoreskan spidol di media mmt berukuran 60 x 90 cm dengan ucapan optimisme bahwa Covid-19 bisa teratasi, selamat dirgahayu Indonesia, ucapan untuk tetap mematuhi prokes, dan ungkapan lainnya. Beragam pesan, seperti berperilaku hidup sehat, patuhi prokes, semangat optimisme bangsa Indonesia, dan pesan penyemangat lainnya. 

Event yang dirancang sebagai awalan kegiatan pelaksanaan dari Hibah Kegiatan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM) melalui Partisipasi Masyarakat pada tahun 2021 ini dengan memajang beragam desain poster yang berisi untuk selalu waspada dan tangguh hadapi pandemi dengan pola hidup bersih dan sehat serta mematuhi prokes ini lewat ajuan proposal Hibah GNRM KemenkoPMK dengan judul "Kampanye Budaya Hidup Bersih dan Sehat Paska Pandemi Melalui Media Kolaborasi Buku Cerita Bergambar Tembang Dolanan Untuk Anak Sebagai Upaya Penanaman Revolusi Mental Sejak Dini". 

Basnendar Herry Prilosadoso selaku ketua tim pelaksana hibah GNRM 2021 ISI Surakarta memaparkan bahwa pendukung aksi kreatif akan berupa warga masyarakat untuk ikutserta menuliskan pesan dan kesan di media mmt, khususnya ucapan atas peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-76 tahun. 

Asmoro Nurhadi Panindias selaku Kaprodi DKV menjelaskan  bahwa kegiatan ini juga sebagai bentuk alternatif dan upaya kreatif dari civitas akademik Prodi DKV FSRD ISI Surakarta dalam memperingati hari ulang tahun kemerdekaan bangsa Indonesia melalui aksi yang unik dan menarik.

Sebagai pelaksanaan dari hasil seleksi dan lolos bersama 55 proposal dari kampus seluruh Indonesia, dimana salah satunya ajuan dari Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini juga mencatat sebagai satu-satunya proposal wakil dari perguruan tinggi seni di Indonesia. (Sofyan)


Baca juga: Semarak HUT RI, Gudang Masak Siapkan Sambel Kemerdekaan Indonesia (SKI) 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top