Mahasiswa KKNT Unisri Sosialisasi dan Pendampingan Produksi UMKM di Dusun Soko

Print Friendly and PDF

 

Rizky Candra Ramadhan melakukan sosialisasi dan pendampingan produksi  kepada UMKM mengenai tips UMKM bertahan dimasa pandemi Covid 19.

Mahasiswa KKNT Unisri Sosialisasi dan Pendampingan Produksi UMKM  di Dusun Soko

Boyolali- majalahlarise.com -Mahasiswa KKN-T Unisri “MBKM Wujudkan Desa Bangkit” Rizky Candra Ramadhan prodi manajemen dari kelompok 41 dengan DPL Riska Wirawan S.Sos, M.Si. melakukan sosialisasi dan pendampingan produksi  kepada UMKM mengenai tips UMKM bertahan dimasa pandemi Covid 19. Bertempat di UMKM tempe pak Basir Dusun Soko, Desa Pelem, Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali. Rabu (11/8/2021).

Rizky Candra Ramadhan dalam keterangan tertulis mengatakan pandemi Covid-19 memberi dampak diberbagai sektor usaha, termasuk UMKM. Dari hasil survey lapangan, banyak UMKM yang gulung tikar akibat pandemi Covid 19, hal ini dikarenakan usaha tersebut tidak mampu beradaptasi dengan kondisi yang terjadi sekarang ini.

"Ada satu UMKM yang masih bertahan sampai saat ini yaitu UMKM tempe milik bapak Basir, maka dari itu saya tertarik untuk melakukan sosialisasi dan pendampingan produksi mengenai tips UMKM bertahan dimasa pandemi Covid-19," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, saat ini banyak pelaku UMKM di Dusun Soko, kecamatan Simo, kabupaten Boyolali yang belum sepenuhnya mengetahui tentang penggunaan teknologi guna mendukung usaha mereka, sebab minimnya sosialisasi tentang penggunaan teknologi dalam menjalankan usaha. Dimasa pandemi sekarang ini penggunaan teknologi sangat berperan penting dalam mempertahankan eksistensi usaha yang sedang dijalani.

"Oleh karena itu untuk mewujudkan KKN-T UNISRI 2021 dengan tema “Mewujudkan Desa Bangkit” saya tertarik untuk memberi sosialisasi tentang tips UMKM bertahan dimasa pandemi covid 19 pada UMKM tempe pak Basir, ujar Rizky.

Disampaikan pula, kegiatan ini disambut baik oleh pemilik usaha dan sangat antusias untuk mengikuti sosialisasi yang  diberikan dan tips-tips yang disampaikan dalam sosialisasi ini antara lain mengatur pengelolaan keuangan usaha, menyusun strategi digital marketing, penggunaan e-commerce, dan melakukan promosi yang menarik dengan memanfaatkan media sosial.

"Kegiatan ini telah mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa Pelem sehingga kegiatan ini dapat dilakukan secara maksimal, selain itu antusias mengikuti kegiatan ini yang tinggi juga memberi sinyal positif bahwa kegiatan yang saya lakukan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat terutama para pelaku usaha," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Semarak HUT RI, Gudang Masak Siapkan Sambel Kemerdekaan Indonesia (SKI) 





Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top