Perkuat Literasi Digital Melalui Aplikasi Portofolio Online

Print Friendly and PDF

Siswa Kelas VI SD Muhamamdiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti program Masa Perkenalan Kelas Baru (MPKB) hari pertama secara virtual melalui Zoom Meeting.

Perkuat Literasi Digital Melalui Aplikasi Portofolio Online

Solo- majalahlarise.com -Sejumlah 85 Siswa Kelas VI SD Muhamamdiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta mengikuti program Masa Perkenalan Kelas Baru (MPKB) hari pertama secara virtual melalui Zoom Meeting, Senin (12/07/2021). Tujuan kegiatan dengan tema “Selalu Berprestasi di Masa Pandemi” ini  untuk menyosialisasikan program pembelajaran sekaligus motivasi awal agar siswa tetap berprestasi di masa pandemi.

Kegiatan diawali dengan membaca Al quran menggunakan irama Nahawan yang dipandu oleh guru PAI, Ustaz M. Iqbal Baehaqi. 

Selanjutnya, kegiatan diisi dengan perkenalan wali kelas dan tim guru kelas VI yang akan mendampingi pembelajaran selama tahun ajaran 2021/2022. 


Baca juga: Pemkab Sukoharjo Buka Pendaftaran 8 Calon Kepala Dinas

Kegiatan sesi kedua diisi dengan pemaparan program kelas VI untuk satu tahun ke depan. Siswa tampak bersemangat menyimak program–program baru yang mereka dapatkan. 

Setelah berdiskusi terkait dengan program kelas, siswa dan guru menyusun kontrak belajar. Semua siswa menuliskan usulan peraturan selama pembelajaran sekaligus sanksi yang akan didapatkan ketika melanggar aturan tersebut. Usulan-usulan tersebut diformulasikan menjadi kontrak belajar yang disepakati bersama.

Agus Supardi, koordinator tim guru kelas VI, menuturkan bahwa kegiatan MPKB hari pertama diakhiri dengan pemberian materi tutorial penggunaan aplikasi pengumpulan tugas portofolio secara online. 

"Kami menggunakan aplikasi Classdojo karena relatif mudah digunakan untuk menyimpan tugas-tugas dan portofolio siswa," ungkapnya.

Melalui aplikasi ini, ia berharap bisa memperkuat keterampilan  literasi digital siswa. 

"Pengiriman tugas siswa tidak lagi menggunakan WhatsApp,  melalui aplikasi ini tugas portofolio siswa akan tersimpan dengan aman sampai kapanpun," pungkasnya.


Baca juga: Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Versi SMPN 8 Surakarta




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top