FKIP Univet Bantara Umumkan Juara Pemenang Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional 2021

Print Friendly and PDF

 

Penyerahan hadiah lomba media pembelajaran tingkat Nasional secara simbolis dari FKIP kepada ketua panitia lomba diteruskan ke pemenang lomba.

FKIP Univet Bantara Umumkan Juara Pemenang Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional 2021

Sukoharjo- majalahlarise.com - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengumumkan pemenang lomba media pembelajaran yang diikuti mahasiswa Pendidikan se- Indonesia. Senin (3/4/2021).

Ketua panitia, Pranichayudha Rohsulina., M.Pd menyampaikan kegiatan yang diikuti 105 tim dari 27 universitas di berbagai wilayah di Indonesia ini merupakan kegiatan lomba tahunan memperingati hari pendidikan 2 Mei yang sudah diselenggarakan lima kali terbagi tiga kali luring dan dua kali daring oleh FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

"Tujuan kegiatan ini untuk menambah wawasan dan pengalaman mahasiswa dalam menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia serta menambah ketrampilan mahasiswa dalam menggunakan teknologi berbasis IT dalam membuat media pembelajaran," terangnya.


Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta Gelar Wisuda Tilawah

Lebih lanjut dikatakan, ada tiga kategori lomba yaitu game pembelajaran, video pembelajaran, dan media pembelajaran digital.

"Mahasiswa yang mengikuti banyak dari universitas di Palangkaraya, Madura Universitas Trunojoyo dan UPI. Kami atas nama panitia mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan membantu terselenggaranya lomba media pembelajaran," ucapnya.

Sementara itu, Dekan FKIP, Toni Harsan menyampaikan apresiasi kegiatan lomba yang telah diinisiasi oleh Wakil Dekan 1 dieksekusi oleh panitia yang telah sukses menggelar lomba media pembelajaran yang merupakan salah satu agenda rutin di FKIP Univet Bantara Sukoharjo.

"Dengan moda daring ini ternyata pesertanya bisa menjangkau lebih luas, artinya masa pandemi bisa menembus sekat ruang dan waktu yang tadinya peserta peserta datang ke kampus saat ini tanpa harus ke kampus dengan hasil dan kualitas karya tidak berbeda jauh saat luring," ucapnya.


Baca juga: Panitia Regenge  Ramadhan ing Makamhaji Bagi Tali Asih Enam Puluh Juta Rupiah untuk Hafidz Al-Quran 30 Juz

Disampaikan pula, melalui lomba media pembelajaran ini supaya orang yang berkecimpung di dunia pendidikan bisa memanfaatkan kemajuan teknologi IT untuk keperluan memperlancar proses pembelajaran.

"Era sekarang mau tidak mau para guru, pendidik, siswa harus familier dengan media pembelajaran. Karena saat ini proses pembelajaran mulai dari rancangan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, sampai proses evaluasi atau penilaian dapat dilakukan secara online. Maka dibutuhkan ketrampilan pembuatan media pembelajaran mudah untuk proses pembelajaran," paparnya.

Toni Harsan menambahkan peserta atau pembuat media pembelajaran ini bisa menaikan statusnya dengan dipatenkan hak cipta. Sehingga secara otomatis media pembelajaran bisa mempunyai nilai tambah bagi pengguna maupun para panitia.

"Kalau sudah ada kesepakatan hasil karya ini jadi milik FKIP artinya dapat digunakan FKIP untuk proses penyelenggaraan pembelajaran, sehingga tidak jadi plagiasi. Karena sudah diikat kontrak bahwa ini menjadi hak cipta FKIP sebagai penyelenggara lomba. Kalau tidak, seminimal mungkin bisa memanfaatkan tanpa harus kena pelanggaran hak cipta," ungkapnya.


Baca juga: Prodi D3 Rekam Medis Univet, Berhasil Meraih Juara dalam International Competition on Health and Student Exchange (ICOHEX)

Adapun para pemenang lomba media pembelajaran sebagai berikut:

Lomba Film Pembelajaran

Juara 1 Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo, juara 2 Universitas Pendidikan Ganesha, juara 3 Universitas Pendidikan Indonesia.

Lomba Video Tutorial
Juara 1 Universitas Negeri Yogyakarta , juara 2 Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, juara 3 Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Lomba Media Pembelajaran Digital Multimedia Pembelajaran Komputer
Juara 1 Universitas Negeri Yogyakarta, juara 2 Universitas Pendidikan Indonesia, juara 3 Universitas Jember .

Lomba Media Pembelajaran Digital Aplikasi Android
Juara 1 Universitas Trunojoyo Madura, juara 2 Universitas Tanjungpura Pontianak, juara 3 Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Lomba Game Pembelajaran Aplikasi Android. Juara 1 Universitas Trunojoyo Madura, juara 2 Universitas Tanjungpura.

Lomba Game Pembelajaran Program Komputer. Juara 1 Universitas Veteran Bangun Nusantara, juara 2 Universitas Muhammadiyah Surakarta, juara 3 Universitas Pendidikan Indonesia. (Sofyan)


Baca juga: Asah Kreativitas Siswa SD Negeri Kalimati 02, Brebes dalam Program Kampus Mengajar Kemdikbud 2021 Lewat Lomba Mewarnai dan Menggambar


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top