Tim Majalah WARTA SPEGA SMP Negeri 3 Surakarta Diberi Pembekalan Ilmu Jurnalistik

Print Friendly and PDF

Pemateri Sofyan Yuli Antonius, S.Sos dari pengelola majalahlarise.com saat memberikan bekal jurnalistik kepada tim majalah WARTA SPEGA. 
Tim Majalah WARTA SPEGA SMP Negeri 3 Surakarta Diberi Pembekalan Ilmu Jurnalistik

Solo-majalahlarise.com-Meningkatkan ketrampilan bidang jurnalistik dan koordinasi penerbitan majalah WARTA SPEGA,  tim jurnalistik siswa SMP Negeri 3 Surakarta diberi pembekalan ilmu jurnalistik mengadirkan pemateri Sofyan Yuli Antonius, S.Sos dari pengelola majalahlarise.com dan Wakil Pemimpin Redaksi Majalah Edukasi, selama dua hari, Sabtu-Minggu (16-17/11/2019).

Pembina Ekstrakurikuler Jurnalistik SMPN 3 Surakarta, Hetty Dwi Agustin, S.Pd mengatakan pembekalan tim jurnalistik siswa ini bertujuan memberikan penguatan meteri jurnalistik baik teori maupun praktik bagi anggota lama dan anggota baru kelas VII.

"Siswa kelas VII dan VIII cukup antusias ikut jurnalistik sedangkan siswa kelas IX sudah banyak yang tidak aktif karena persiapan menghadapi ujian sekolah dan ujian nasional. Kita regenerasi anggota baru dan mereka diberi pembekalan jurnalistik," ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, diklat yang dilaksanakan pukul 08.00 - 16.00 WIB ini untuk menerbitkan majalah WARTA SPEGA edisi berikutnya yang rencananya terbit bulan Desember 2019.

"Mas Sofyan dihadirkan untuk membimbing dan melatih anak-anak agar dapat liputan, menulis berita, dan karya siswa dapat diterbitkan di majalah sekolah dan online di blog wartaspega.blogspot.com dan versi cetak," ungkapnya.

Sementara itu, pemateri Sofyan Yuli Antonius dalam pemaparan menjelaskan materi tentang dasar-dasar jurnalistik, teknik penulisan berita, teknik wawancara dan liputan, teknik fotografi, praktik fotografi.

"Hari kedua siswa diberi tugas liputan di car free day. Setiap siswa harus melakukan liputan, menulis berita, memotret, lalu karya jurnalistik yang sudah dibuat dipresentasikan sebelum diterbitkan secara online maupun cetak," katanya. (Inn)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top