Terbitkan Majalah Univet Pos, Mahasiswa FISIP Univet Dibekali Ilmu Jurnalistik

Print Friendly and PDF

Jurnalis majalahlarise.com, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos saat memaparkan materi tentang manajemen keredaksian.

Terbitkan Majalah Univet Pos, Mahasiswa FISIP Univet Dibekali Ilmu Jurnalistik

Sukoharjo-majalahlarise.com-Membekali pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang jurnalistik dan untuk menerbitkan majalah Univet Pos edisi 18 dan 19, Program studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) mengadakan workshop jurnalistik Majalah Univet Pos 2019 dengan menghadirkan pemateri Jurnalis majalahlarise.com, Sofyan Yuli Antonius, S.Sos dan Jurnalis Jatengpos, Ade Ujianingsih Kusumawati, S.Sos. Kamis-Jum'at (27-28/6/2019).

Dekan FISIP, Drs. Joko Suryono, M.Si dalam pembukaan workshop jurnalistik menyampaikan dilaksanakan kegiatan ini berhubungan dengan mata kuliah jurnalistik foto  dan teknik fotografi yang outputnya karya. Selain karya foto juga karya lainnya terkait karya jurnalistik yaitu gabungan dari karya foto jurnalistik dan tulisan jurnalistik.

"Output ini merupakan bagian dari peningkatan sumber daya manusia sebagai seorang mahasiswa yang diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap mental seorang jurnalis," ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya yakin mahasiswa semester empat Ilmu komunikasi mampu menjalankan kerja redaksi dengan baik.

"Dalam tugas akan dibagi menjadi dua tim dewan redaksi yaitu kelas 4A dan kelas 4B mempunyai tanggung jawab membuat majalah Univet Pos edisi 18 untuk kelas 4A dan edisi 19 untuk kelas 4B," katanya.

Kemudian, Joko Suryono mengatakan melalui kegiatan ini pasti akan bermanfaat bagi mahasiswa setelah lulus dari program studi Ilmu Komunikasi FISIP Univet.

Dalam pemamparan materi di hari pertama, Sofyan menyampaikan tentang manajemen keredaksian dan tahapan menerbitkan media cetak.

"Sebelum menerbitkan media cetak, tim redaksi harus mengetahui dan menjalankan tahapan-tahapan yakni perencanaan isi, desain, biaya, personal, sarana dan prasarana. Dilanjutkan pengumpulan data melalui liputan, penulisan berita, editing naskah berita, layout dan setting. Selanjutnya naskah yang sudah dilayout dicetak di percetakan. Setelah jadi didistribusikan ke pembaca," paparnya.

Jelaskan pula, kualitas sumber daya manusia di redaksi sangat penting bagi keberlangsungan suatu penerbitan selain sarana, biaya maupun penunjang lainnya. Selain itu waktu deadline atau batas waktu pengerjaan jangan sampai dilanggar. Jika dilanggar akan mempengaruhi kerja redaksi.

"Disiplin waktu dan kerja merupakan hal yang utama ditunjang komunikasi dan kekompakan tim redaksi harus tetap terjaga," terangnya.

Sementara itu, Ade Ujianingsih menyampaikan materi tentang teknik liputan berita, penulisan berita straight news dan penugasan liputan.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan liputan oleh perwakilan kelas 4A dan kelas 4B untuk acara seminar nasional FKIP Univet bertempat ruang seminar Gedung H lantai 3. (Red)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top