FISH Univet Bantara Selenggarakan Lokakarya Visi, Misi, Tujuan, Sasaran Fakultas dan Program Studi

Print Friendly and PDF

Stakeholder dunia usaha dan dunia industri dari Mettanews, Farhan saat memaparkan kondisi dunia kerja beserta kompetensi lulusan di bidang komunikasi dan informasi radio.


FISH Univet Bantara Selenggarakan Lokakarya Visi, Misi, Tujuan, Sasaran Fakultas dan Program Studi

Sukoharjo- majalahlarise.com -Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo menyelenggarakan Lokakarya Peninjauan Visi, Misi, Tujuan, Sasaran Fakultas dan Program Studi. Kegiatan ini dihadiri Dekan Fakultas, Wakil Dekan, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Ketua Program Studi Hukum, Dosen, Tenaga Kependidikan, BPMI Univet Bantara, stakeholder dari dunia usaha dan dunia industri diantaranya Sofyan Yuli Antonius (majalahlarise.com), Farhan (Mettanews), Arfin Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta, Mahagani (Virtual Imagination Fotografi dan Videografi). Bertempat di Neo Hotel Solo. Selasa (20/2/2024).

Ketua penyelenggara, Hariyanto, S.Sos, M.I.Kom dalam laporan menyampaikan peninjauan visi, misi, tujuan, sasaran ini sangat penting mengingat adanya perubahan Fakultas dari FISIP ke FISH serta program studi. Tidak hanya Program Studi Ilmu Komunikasi tetapi bertambah lagi Program Studi Hukum. Selain itu penyiapan mengikuti kebijakan Kementerian adanya kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Kurikulum perlu disesuaikan diselaraskan dengan situasi terkini. Untuk itu visi, misi, tujuan, sasaran ini menjadi pondasi yang kuat untuk kurikulum Merdeka Kampus Merdeka," terangnya. 

Dekan FISH Wakil Dekan, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Ketua Program Studi Hukum, Dosen, Tenaga Kependidikan, BPMI Univet Bantara saat foto bersama stakeholder dari dunia usaha dan dunia industri diantaranya Sofyan Yuli Antonius (majalahlarise.com), Farhan (Mettanews), Arfin Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta, Mahagani (Virtual Imagination Fotografi dan Videografi).

Baca juga: BUMS SD Muhammadiyah 1 Solo Objek Studi Tiru Pembelajaran

Lebih lanjut, pihaknya berharap kurikulum yang disusun selaras dengan visi, misi, tujuan, untuk dapat diberikan dalam bentuk pendidikan dan pengajaran pada mahasiswa ke depan dapat selaras dunia usaha dunia industri dunia kerja sebenarnya. 

"Sehingga apa yang kita berikan sebagai pendidikan dan pengajaran yang tingkat ilmunya dan keterampilan bisa diterima di dunia usaha dan kerja. Stakeholder dari dunia usaha dan industri memberikan masukan gambaran konkrit di dunia kerja saat ini seperti apa," ujarnya.

Dekan FISH Univet Bantara Sukoharjo, Dr Yoto Widodo, M.Si menyampaikan terkait perubahan fakultas akan didirikannya atau dibukanya program studi baru yaitu hukum proses tinggal menunggu SK dari Jakarta. Rektor optimis tahun akademik ini menerima mahasiswa. Selain itu visi, misi berubah untuk menghadapi reakreditasi yang akan dilaksanakan bulan Oktober 2025.

"Visi, misi Fakultas dari Prodi harus mengacu pada visi, misi Universitas tidak bisa terpisahkan. Visi, misi harus terimplementasi dalam Tri Dharma perguruan tinggi. Tinjauan visi, misi ini harus melalui musyawarah, brainstorming melibatkan berbagai pihak termasuk stakeholder, user yang akan menggunakan lulusan nantinya," jelasnya.

Disampaikan pula, Visi, misi harus menggunakan konsep futuristik dan pemikiran yang strategis artinya sesuatu yang harus dianalisis sesuai perubahan perkembangan zaman dan gambaran masa depan yang realistik diwujudkan dalam waktu tertentu di visi muncul tahun.

"Dari waktu ke waktu FISH terus berbenah secara fisik, sarana prasarana, laboratorium dan sejenisnya. Serta memperbaiki kinerja dari dosen sehingga akan menaikkan mutu akademik maupun pelayanan administrasi terbaik atau excellent service," tuturnya.

Terkait MBKM, menurut pria yang akrab disapa bapak Yoto ini mengatakan program sudah dilaksanakan mahasiswa beberapa kali mendapatkan pembiayaan dari Dikti untuk melakukan MBKM. Pihaknya bersama jajarannya terus melakukan perbaikan disesuaikan dengan regulasi yang ada, proses pembelajaran terus diupayakan untuk meningkatkan mutu akuntabilitas. Untuk mewujudkan itu perlu kerja keras harus ada sinergi antara semua pihak civitas akademis internal dari FISH. FISH bekerja sama dengan universitas.

"Sudah terbukti bahwa dalam beberapa tahun terakhir kita PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) selalu mendapatkan dua kelas. Berharap visi misi nantinya akan dapat mewujudkan cita-cita menjadikan FISH berkualitas dikancah nasional maupun regional," harapnya. (Sofyan)

Baca juga: Memayu Hayuning Bawana SD Muhammadiyah PK Banyudono Lepas Burung Secara Masal


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top