Sambut HUT DWP dan Peringatan Hari Ibu Tahun 2022, DWP SMPN 8 Surakarta Gelar Baksos

Print Friendly and PDF

Foto bersama usai pembagian paket sembako.


Sambut HUT DWP dan Peringatan Hari Ibu Tahun 2022, DWP SMPN 8 Surakarta Gelar Baksos

Solo- majalahlarise.com -Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022, Dharma Wanita Persatuan SMP Negeri 8 Surakarta menyelenggarakan kegiatan bakti sosial di Ruang Aula SMP Negeri 8 Surakarta, Jum’at tanggal 16 Desember 2022 pukul 11.00 WIB sampai selesai.

Pertemuan rutin DWP untuk kali ini yang melakukan tugas adalah kelompok satu (1) dan dua (2). Diawali dengan upacara oleh pembawa acara Prico Diana Dewi, S.Pd., MH., dengan berdoa dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dipimpin oleh  Kawit Sulastri, S.Pd., M.Pd.  dan  Mars Dharma Wanita.

Prakata Pembina SMP Negeri 8 Surakarta yang disampaikan oleh H.Triad Suparman, M.Pd., yang diwakili oleh Ketua DWP, Hj. Ratmi Puji Hastuti, Dengan mengambil tema “Membangun Perempuan Cerdas Untuk Memperkuat Ketahanan Keluarga di Era Digital”  Untuk itu sebagai mitra pemerintah, DWP SMP Negeri 8 Surakarta terus melakukan langkah nyata sebagai bagian upaya untuk meningkatkan ketahanan keluarga yang meliputi baik di peningkatan ekonomi, pendidikan, kesehatan maupun sosial budaya bagi anggota dan masyarakat pada umumnya, agar penurunan kualitas dan ketahanan keluarga dapat diminimalisir.


Baca juga: Mahasiswa PBI Unisri Lakukan English for Guiding di Museum Sangiran

Lanjutnya bahwa keberadaan kaum perempuan, bukan sesuatu yang harus dipertanyakan lagi. Sebab selain posisi strategisnya sebagai pendamping suami dan support sistem bagi kaum Bapak, kaum perempuan atau kaum Ibu juga memiliki tanggung jawab dalam membina dan membangun masyarakat. Dan kita sangat menyadari bahwa pada hakikatnya masyarakat terbentuk dan dibangun dari unit terkecil dari masyarakat yaitu keluarga. Sehingga peran kaum Ibu sangat penting dalam menciptakan keluarga-keluarga yang  tangguh dan berkualitas.

Dalam rangka HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) SMP Negeri 8 Surakarta menjalankan program Indahnya berbagi berupa paket bantuan berupa sembako. Pembagian paket di serahkan langsung oleh Pembina DWP SMP Negeri 8 Surakarta, H. Triad Suparman, M.Pd., Ketua DWP SMP Negeri 8 Surakarta, Hj.Ratmi Puji Hastuti Triad Suparman dan pengurus DWP SMP Negeri 8 Surakarta. Hj. Ratmi Puji Hastuti. menyampaikan semoga bantuan yang diberikan bisa mendapat berkah serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Melalui peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan ke-23 dan hari Ibu ke-94 ini. Hj. Ratmi Puji Hastuti Triad Suparman, menyampaikan selamat  hari Ibu ke 94 dan HUT DWP ke 23 kepada para kaum ibu dan kaum perempuan di SMP Negeri 8 Surakarta.

Acara pembagian sembako dilakukan paling awal, karena mengingat hari Jum’at, ada beberapa penerima sembako yang menjalankan Sholat Jum’at. Bakti Sosial ini disalurkan kepada Peserta Didik yang tidak mampu dengan tujuan dapat berbagi terhadap sesama dan sedikit membantu kebutuhan mereka. Penerima sembako berjumlah dua puluh empat (24) anak diambil dari perwakilan Peserta Didik kelas 7, 8, dan 9 SMP Negeri 8 Surakarta. Dilanjutkan dengan foto bersama setelah itu Peserta Didik pulang ke rumah masing-masing.

Setelah istirahat, acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Hari Ibu oleh Christina Endah Setyowati, S.Pd. Kemudian pemotongan tumpeng  oleh Ketua DWP SMP Negeri 8 Surakarta, Hj. Ratmi Puji Hastuti yang disampaikan kepada Ibu Nur Khasan dan diserahkan oleh anggota DWP termuda Ibu Wiwin Andriyanto Atmojo, keduanya anggota DWP Aktif.

 Hj. Ratmi Puji Hastuti Triad Suparman, menyampaikan semoga bantuan yang diberikan bisa mendapat berkah serta dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Acara Indahnya Berbagi merupakan program kerja Bidang Sosial Budaya, yang diadakan secara rutin satu tahun sekali setiap bulan Desember. Juga menyampaikan pengumuman dari DWP Dinas Pendidikan Kota Surakarta.

Menurut Ketua DWP SMP Negeri 8 Surakarta, Hj. Ratmi Puji Hastuti Triad Suparman, meskipun perkembangan zaman  sudah berkembang pesat, namun peran dan pengorbanan seorang Ibu akan terus memberikan makna bagi generasi yang akan datang. Peran Ibu sangat diperlukan dalam mewujudkan keluarga tangguh serta anak-anak yang tumbuh dengan internalisasi nilai dan semangat Pancasila.

Seorang Istri harus berpenampilan menarik, cerdas, beretika dan senantiasa berada dalam koridor aqidah agama. Harapannya para Pengurus DWP dengan penampilan menarik bisa menjadi penyemangat suaminya serta menjadi motivasi dalam meningkatkan etos kerja suaminya. Ungkapan dibalik kesuksesan seorang pria terdapat wanita yang hebat. menjelaskan betapa pentingnya kehadiran seorang istri dalam menunjang karir suami dalam bekerja. Karir seorang suami akan berjalan sesuai harapan jika didukung istri dan anak-anak.

Perempuan tidak hanya berperan sebagai ibu rumah tangga dan pendamping suami saja namun memiliki peran penting terhadap kinerja suami. Suasana nyaman dan damai dirumah, apalagi dengan pelayanan istri yang sesuai harapan suami, tentunya akan memberi semangat besar kepada suami dalam melakukan aktifitas kerja di kantor, sehingga dengan kegiatan yang kita laksanakan ini bisa memberi dampak positif terhadap perkembangan potensi dan kompetensi semua anggota DWP SMP Negeri 8 Surakarta.

Kemudian acara membaca notulen oleh Siti Martabatul Aliyah, S.Pd. dilanjutkan laporan dari seksi-seksi antara lain Seksi Pendidikan oleh Sri Supadmi, S.Pd., Seksi Sosial oleh Sri Suprapti. Bidang Ekonomi oleh Wahyu Prihatin Sayekti sedang dalam evaluasi. Acara ditutup pukul 13.00 WIB dengan doa yang dipimpin oleh Prico Diana Dewi, S.Pd.,MH. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswi UNISRI SOLO Happy dan Asik Magang Kerja di PT. Kereta Api Indonesia (Persero) DEPO LOK SOLOBALAPAN

 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top