Rektor Unisri Surakarta Kukuhkan Guru Besar Prof. Dr. Dra. Hera Heru Sri Suryanti, M.Pd

Print Friendly and PDF

 

Prof. Dr. Dra. Hera Heru Sri Suryanti, M.Pd saat menyampaikan pidato pengukuhan guru besar.

Rektor Unisri Surakarta Kukuhkan Guru Besar Prof. Dr. Dra. Hera Heru Sri Suryanti, M.Pd

Solo- majalahlarise.com -Rektor Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta mengukuhkan Prof. Dr. Dra. Hera Heru Sri Suryanti, M.Pd sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dalam Sidang Senat Terbuka Universitas Slamet Riyadi. Bertempat di Auditorium kampus. Sabtu (12/11/2022).

Prof. Dr. Dra. Hera Heru Sri Suryanti, M.Pd menyampaikan pidato dalam pengukuhan guru besar berjudul Merubah Perilaku Mal Adjustment Remaja Untuk Mewujudkan Generasi Berseproma (Berakhlak Mulia, Sehat, Produktif, Mandiri).

"Masa remaja merupakan masa yang penuh gejolak emosi dalam rangka memenuhi kebutuhan mengaktualisasi diri. Untuk itu perlu suatu konseling yang sesuai dengan perkembangan dan karakter remaja. Salah satu konseling yang dianggap tepat adalah konseling relasi remaja," tuturnya.


Baca juga: Group Hadroh SMPN 2 Giritontro "Daarul Mustofa" Raih Juara III Ajang MAPSI Tingkat Kabupaten Wonogiri

Lebih lanjut dikatakan, remaja Berseproma adalah aset bangsa yang akan meneruskan perjuangan seniornya. Apabila remaja Berseproma mewarnai masyarakat, maka negara akan makmur, damai, sejahtera. Untuk itu, remaja yang berperilaku mal adjustment perlu mendapatkan perhatian dan pengentasan yang serius.

"Beberapa alternatif yang tepat untuk mengubah perilaku mal adjustment remaja menjadi adjustment adalah melalui penerapan konseling kelompok berbasis religius, konseling cognitivef behavior, konseling relasi remaja, pelaksanaan pendidikan life skill (kecakapan hidup), dan pelaksanaan kata hati (gewetan forming)," jelasnya.

Sementara itu, Rektor Unisri Surakarta,. Prof. DR. Ir. Sutardi, MAppSc dalam sambutan menyampaikan jenjang jabatan fungsional akademik guru besar atau profesor merupakan jabatan fungsional tertinggi. Oleh karena itulah dosen menyiapkan dirinya untuk menjadi dosen bereputasi dan berprestasi.

"Saat ini Universitas Slamet Riyadi memiliki lima kandidat guru besar yang PAK sudah di upload ke Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Ristek lewat SIJAGO. Semoga lima kandidat guru besar lolos penilaian," ungkapnya.

Disampaikan pula, jabatan guru besar yang ada dipundak dosen akan menjadi pemicu pembelajaran yang berkualitas, riset dan publikasi bahkan ada tugas khusus dalam penulisan karya ilmiah bereputasi.

"Saya berharap jabatan guru besar yang diperoleh, maka Prof. Hera Heru harus lebih produktif baik dalam pengembangan ilmu pendidikan khususnya bimbingan dan konseling yang ditekuninya serta institusi atau prodi bimbingan konseling," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: GP Ansor dan Banser Sukoharjo Gandeng Pemuda Lintas Agama Gelorakan Deklarasi Perdamaian Anti Intoleransi Peringati Hari Pahlawan Nasional


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top