Peringati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda 2022, SMAN 1 Pracimantoro Adakan Lomba Literasi dan Gelar Potensi

Print Friendly and PDF

Penyerahan hadiah lomba karaoke pada puncak acara literasi.


Peringati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda 2022, SMAN 1 Pracimantoro Adakan Lomba Literasi dan Gelar Potensi

Wonogiri- majalahlarise.com -Dalam memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda, Tim Gerakan Literasi Sekolah SMAN 1 Pracimantoro menggelar  lomba literasi yang diikuti oleh peserta didik  kelas X-XII.  Tema yang diangkat dalam lomba literasi tahun ini adalah “Cinta Literasi Melalui Aktualisasi Seni, Budaya, dan Komunikasi”. Lomba dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 yang diikuti oleh  perwakilan dari tiap-tiap kelas.

Lomba yang digelar yakni Pantomim, Reportase Video Pembiasaan di SMA Negeri 1 Pracimantoro, Karaoke Lagu Berbahasa Jawa dan Inggris, dan Desain Cover Buku Antologi Puisi Karya Guru dan Karyawan SMA Negeri1 Pracimantoro. Untuk lomba Pantomim diikuti oleh 2 peserta, sedangkan lomba Reportase, Karaoke dan Desain Cover Buku Antologi Puisi diikuti oleh 1 peserta putera atau  puteri dari perwakilan kelas. Bagi peserta didik yang tidak mengikuti lomba tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar di kelas. 

Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Widodo,S.Pd.,M.Pd dalam sambutan lomba literasi menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah mendukung dan menyukseskan kegiatan ini.

Salah satu penampilan juara lomba pantomim.

Baca juga: Siapkan Siswa Literat, SMP N 2 Giritontro Luncurkan GLS (Gerakan Literasi Sekolah)

“Lomba literasi diharapkan dapat menemukan dan mengembangkan potensi serta bakat seni di kalangan generasi muda, khususnya peserta didik SMA Negeri 1 Pracimantoro. Peserta didik tidak sekedar dibekali dengan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga perlu didukung dan dikembangkan bakat serta potensi mereka untuk bekal hidup di masa depan,” terangnya.

Penyerahan hadiah kepada para juara 1, 2, dan 3 dari empat cabang lomba dilaksanakan pada hari Jumat, 28 Oktober 2022 dalam acara Gelar Potensi Para Juara. Acara diselenggarakan di halaman sekolah setelah upacara bendera memperingati hari Sumpah Pemuda. Sebelum pengumuman hasil lomba, para nominator menampilkan aksi dan kreasi mereka dihadapan bapak/ibu guru dan karyawan serta disaksikan oleh seluruh peserta didik. Pada acara ini peserta didik kelas X turut memeriahkan suasana dengan menampilkan hasil kegiatan Projek Penguatan Profil Pemuda pancasila bertema Bhinneka Tunggal Ika dengan menyanyikan lagu-lagu daerah.

Ketua Pelaksana, Choleta Surani, S.Pd. dalam sambutan acara Gelar Potensi Para Juara mengatakan kegiatan lomba literasi ini merupakan bagian dari program kerja Tim Gerakan Literasi sekolah yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta pada dunia seni, menyalurkan bakat dan membentuk insan yang berkarakter.  Hal ini sekaligus digunakan untuk mencari bibit baru untuk kegiatan lomba yang mewakili sekolah, seperti kegiatan FLS2N. 

"Apresiasi yang tinggi kepada para peserta yang penuh semangat mengikuti lomba dengan menampilkan hasil karya yang luar biasa, terlebih juga kepada para peserta didik yang ikut berkontribusi memberikan dukungan sehingga kegiatan lomba literasi dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.  Diharapkan kegiatan lomba literasi ini dapat dilaksanakan untuk tahun selanjutnya karena banyak manfaat yang diperoleh melalui kegiatan ini,” ujarnya. 

Di penghujung acara diumumkan para juara dari  empat cabang lomba literasi dan diperoleh hasil yaitu lomba Pantomim : Juara 1 Monawati Rahayu Bhakti dan Nisa aryanti (XI IPS 2), Juara 2 Septa Pamungkas dan Indra Danika (XII MIPA 3), Juara 3 Desta Vendi Setyawan dan Janu Cesar Atmaja (XII IPS 1). Juara Lomba Reportase Video Pembiasaan di SMA negeri 1 Pracimantoro : Juara 1 Akhmad Fathiyakan Sunaryo (XI IPS 2), Juara 2 Retno Wahyuningsih ( XI MIPA 1), Juara 3 Shinta Nur Jayanti ( XII MIPA 1). Juara Karaoke Lagu Berbahasa jawa dan Inggris : Juara 1 Clares Putri Madiyana (X1), Juara 2 Violina Nur Latifa (XII IPS 2), Juara 3 Siti Cholilah (X5).

Juara Lomba Desain Cover Buku Antologi Puisi Karya Guru dan Karyawan SMA Negeri 1 Pracimantoro : Juara 1 Via Aninda Sheva (XI MIPA 1), Juara 2 Hanafi Reviana (XII MIPA 2), Juara 3 Priangga Krisdwi Antana (XII MIPA 3). (Sofyan)


Baca juga: Kenalkan Milenial Seni Tradisi, Tim Dosen DKV ISI Surakarta Lewat Menggambar Bersama Koleksi Museum Radyapustaka 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top