Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah PK Banyudono Ikuti PPL di Industri Kipas

Print Friendly and PDF

Siswa kelas IV SD Muhammadiyah PK Banyudono saat foto bersama usai membuat kipas.

Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah PK Banyudono Ikuti PPL di Industri Kipas 

Boyolali- majalahlarise.com -Sebanyak 84 Siswa Klas IV SD Muhammadiyah PK Banyudono Boyolali adakan Proyek Pembelajaran Lapangan ( PPL ). Tujuan pertama di Industri kipas dan Pengolahan sampah di Klaten. adapun Tema kegiatan : Belajar Menyenangkan Tumbuhkan Cinta dan Peduli Terhadap Lingkungan. Senin 19 September 2022. 

Ketua Panitia, Ustad Krisna Setyawan menuturkan bahwa SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono mengadakan Outing Class PPL  sebagai bentuk penyegaran pasca kegiatan penilaian tengah semester (PTS).

Siswa saat membuat kipas.

Baca juga: Mahasiswa PMM Kelompok 88 Universitas Muhammadiyah Malang Laksanakan Proker Perkenalkan dan Perkuat Nilai-Nilai Budaya

"Kegiatan Outing Class tahun ini ada beberapa tujuan. Pertama adalah pembuatan kipas di Ds. Keprabon, Kec. polanharjo, Kab. Klaten.  Tujuan yang kedua adalah pembuatan kerajinan dari bekas di Bank Sampah, Ds. Karanglo, Kec. Polanharjo, Kab. Boyolali. Kedua tempat tersebut selain mengajarkan skill kewirausahaan bagi siswa siswi, juga mengajarkan nilai kepedulian lingkungan," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pembuatan kipas, yang bahan dasarnya adalah kain bekas dari perusahaan konveksi menjadi pilihan yang pas, karena selain mengurangi sampah, kain sisa yang notabene adalah limbah bisa mempunyai nilai jual. 

"Tujuan yang kedua adalah pembuatan kerajinan di Bank Sampah Ds. Karanglo.  Indonesia merupakan salah satu negara penghasil sampah terbesar di Dunia. Mengingat hal tersebut, dengan mengajak siswa membuat kerajinan dari bahan bekas diharapkan tumbuh nilai-nilai cinta dan peduli terhadap lingkungan," tuturnya.

Sementara Pujiono selaku Kepala Sekolah mengapresiasi baik kegiatan PPL semoga dapat menginspirasi para siswa SD Muhammadiyah Program Khusus Banyudono. (Sofyan)


Baca juga: Maju Nasional, Gibran Dapat Doa Restu Bupati Karanganyar


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top