Pertukaran Mahasiswa Unisri Surakarta - Unmas Denpasar : Bertukar Sementara Bermakna Selamanya

Print Friendly and PDF

Foto bersama usai penyerahan mahasiswa Unisri di Universitas Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, Bali.


Pertukaran Mahasiswa Unisri Surakarta - Unmas Denpasar : Bertukar Sementara Bermakna Selamanya

Denpasar- majalahlarise.com -Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Dr Rispantyo menyerahkan  8 mahasiswa peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) kepada Universitas Universitas Mahasaraswati (Unmas) Denpasar, Bali.

Mereka diterima disambut hangat oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UNMAS Denpasar Dr I Wayan Gede Wiryawan di ruang rektorat, kampus setempat, Kamis (25/8/2022).

Mahasiswa dari Unisri Surakarta dari Program Studi (Prodi) Teknologi Hasil Pangan dua mahasiswa, 4 mahasiswa Ilmu Hukum, satu mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, dan satu mahasiswa Prodi Akuntansi. Sedang mata kuliah yang diikuti mahasiswa PMM Unisri Surakarta di Unmas Denpasar sebanyak 20 SKS selama satu semester.

Baca juga: Reuni Akbar Ketupat SMP Negeri 1 Wonogiri Angkatan 1974 Ajang Silaturahmi Antar Alumni

"Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini sebagai komitmen Unisri Surakarta dalam mengimplementasikan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau MBKM," kata Dr. Rispantyo.

Sementara itu dalam sambutannya, Dr I Wayan Gede Wiryawan mengatakan, kegiatan pertukaran mahasiswa merdeka ini penting dalam upaya pengembangan diri mahasiswa serta dalam mempelajari keberagamaman budaya, khususnya budaya dan adat istiadat Bali.

"Disamping itu, PMM juga memiliki arti yang sangat bermakna, bukan hanya bagi mahasiswa namun juga dosen dalam memahami keberagaman budaya di tanah air," kata I Wayan Gede Wiryawan.

Dalam pertukaran mahasiswa itu, pihaknya akan melibatkan dan mengajak mahasiswa Unisri turut serta dalam mempelajari budaya Bali, yakni dengan melakukan kunjungan ke tempat budaya atau desa adat di Bali.  

"Ini akan terjadi pertukaran aneka ragam kesenian, budaya dan dampaknya akan bermakna selamanya bagi mahasiswa, sesuai dengan motto PMM Dikti "Bertukar Sementara Bermakna Selamanya".

Koordinator MBKM Unisri Surakarta Saiful Bahri menambahkan, Unisri aktif mengikuti kegiatan MBKM dari Kemendikbud Ristek Dikti. Secara mandiri, Unisri melaksanakan kegiatan PMM sebagai pelaksanaan hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) tahun anggaran 2022.

"Ini diperoleh UNISRI dari Kementerian Dikbud Ristek Dikti tahun anggaran 2022 dengan tujuan untuk mencapai Indikator Kinerja Utama Perguruan Tinggi," kata Saiful Bahri. 

Dikatakan, kerjasama dan kemitraan antara Unisri dengan Unmas ini tidak hanya dalam program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, melainkan rekognisi dosen dan penelitian kolaborasi sebagai bentuk kegiatan tridharma perguruan tinggi.

Kegiatan PMM ini sebagai bentuk implementasi kerja sama yang selama ini telah terjalin baik dengan UNMAS. "Di sini ada penandatanganan kerja sama Tridharma Perguruan Tinggi antara Dekan FKIP Unisri dan Dekan FKIP Unmas," jelasnya.

Lebih lanjut Saiful Bahri mengatakan, dalam semester gasal 2022, Unisri tidak hanya melaksanakan PMM dengan UNMAS, namun telah melaksanakan PMM dengan perguruan tinggi lainnya. 

Yakni, Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Nusa Cendana Kupang, dan berbagai kegiatan MBKM lainnya seperti Kuliah Kerja Nyata Tematik, Magang Kerja di Industri, Asissten Mengajar, Proyek Kemanusiaan dan Proyek Kewirausahaan. (Sofyan)


Baca jugaSelamat Bagi Pemenang Festival Reportase Merdeka SD se-Kecamatan Wuryantoro


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top