SMAN Negeri 1 Manyaran Siap Punya BKK, Siswa Lulus Siap Kerja

Print Friendly and PDF

Tim studi lapangan BKK dari Disnakertras Kabupaten Wonogiri saat berbincang-bincang dengan Kepala SMAN 1 Manyaran dampingi Waka Humas dan Kerjasama, serta guru BK.


SMAN Negeri 1 Manyaran Siap Punya BKK, Siswa Lulus Siap Kerja

Wonogiri- majalahlarise.com -Melihat keberadaan para lulusan siswa SMA Negeri 1 Manyaran sedikit melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dikarenakan faktor ekonomi keluarga serta banyak yang memilih melanjutkan bekerja, maka SMA Negeri 1 Manyaran membuka layanan BKK (Bursa Kerja Khusus) bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertras) Kabupaten Wonogiri. Dalam proses pembukaan layanan BKK ini, tim dari Disnakertras Kabupaten Wonogiri melakukan studi lapangan dan kelayakan di SMA Negeri 1 Manyaran. Rabu (29/6/2022).

Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Wonogiri, Rohimam saat ditemui disela-sela studi lapangan menjelaskan kedatangan di SMA Negeri 1 Manyaran melihat secara langsung kesiapan administrasi, sarana dan prasarana maupun lainnya minimal mendekati kesesuaian membuka layanan BKK.

“Saya melihat ternyata secara substansi apa yang ada di dalam BKK itu yang secara legalitas belum berdiri sudah dijalankan oleh sekolah termasuk kerjasama dengan berbagai perusahaan, pelaksanaan soft skill, kerjasama dengan BLK. Ini satu hal yang menurut saya point yang menjadikan BKK,” terangnya.

Tim Disnakertras Kabupaten Wonogiri saat meninjau sarana dan prasarana kesiapan pembukaan BKK SMAN 1 Manyaran.

Baca juga: Seminar Antisipasi Kekerasan Seksual Unisri, Jangan Hakimi Korban Kekerasan Seksual

Pihaknya berharap setelah BKK berjalan dan berdiri tinggal melanjutkan apa yang sudah terlaksana di sekolah terlebih ada potensi guru yang berpengalaman dalam penyaluran lulusan bekerja. Menurutnya hal terpenting adalah semua guru dengan potensi masing-masing, kepala sekolah, staf pendidik, staf administrasi mendukung adanya BKK dan mendukung pelaksanaan program dari BKK.

“Mudah-mudahan nanti bisa secara legal formal adanya BKK. Sehingga adanya manfaat bagi sekolah, manfaat bagi semua terutama anak-anaknya dan bermanfaat bagi ilmu guru,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 1 Manyaran, Dra. Harmini, M.Si menyampaikan hadirnya BKK ini sebagai wujud pelayanan sekolah bagi para lulusan yang tidak bisa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dikarenakan mayoritas siswa yang sekolah di SMA Negeri 1 Manyaran dari masyarakat ekonomi bawah. Selain itu banyak yang berkeinginan melanjutkan kerja.

“Sesuai slogan sekolah yaitu Maju dan Siap Kerja. Maju itu mendukung siswa untuk maju bisa kuliah. Sedangkan Siap Kerja yaitu sekolah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana termasuk menjalin kerjasama dengan BLK maupun perusahaan agar siswa siap bekerja. Siswa kita bekali di kelas life skill menjahit, jurnalistik, teknisi komputer dan otomotif sepeda motor,” ungkapnya.

Disampaikan pula, pada lulusan tahun ini sekolah mendampingi dan menyalurkan siswa bekerja di perusahaan garmen Top and Top Wonogiri dan beberapa perusahaan lainnya. 

“Semoga BKK di SMA Negeri 1 Manyaran segara terwujud sehingga siswa yang berkeinginan bekerja setelah lulus bisa tersalurkan bekerja secepatnya,” harapnya.(Sofyan)


Baca juga: 10 Mahasiswa DKV ISI Surakarta Ikuti Pembekalan Test Seleksi Kampus Mengajar IV Tahun 2022

 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top