KKNT UNISRI Membangkitkan Partisipasi Masyarakat Membentuk Psikis dan Imunitas Kuat Masa Pandemi

Print Friendly and PDF

 

Rizky Rachmawati memberikan sosialisasi dan membangkitkan partisipasi masyarakat yang teridentifikasi mengalami penurunan imun dan psikis didukung dan didampingi tenaga kesehatan setempat, polisi dan TNI.

KKNT UNISRI Membangkitkan Partisipasi Masyarakat Membentuk Psikis dan Imunitas Kuat Masa Pandemi

Karanganyar- majalahlarise.com -Masa pandemi yang berawal sejak 2020 belum berakhir, kita sebagai masyarakat Indonesia masih perlu berjuang dan bertahan selama pandemi masih berlangsung. Berdasarkan data terbaru khususnya daerah Jawa Tengah tercatat sebanyak 44.974 dalam status dirawat, sebanyak 415.14 terkonfirmasi, sebanyak 347.562 sembuh, dan sebanyak 22.609 meninggal (sumber: www.covid.go.id )  

Terlepas dari jumlah terbaru kabar media sosial yang tentunya di akses banyak orang memberikan dampak negatif di samping dampak positif yang ditimbulkan, dampak negatif yang di maksud adalah timbulnya masalah baru dalam aspek psikis dan imunitas masyarakat di Indonesia, hal tersebut tentunya juga berdampak sampai masyarakat Dawung.

Berdasarkan data desa Dawung dengan presentase terkonfirmasi meninggal 8 , melakukan isolasi 49 dan di rawat 25 (sumber: Data kecamatan matesih ), hal tersebut tentunya sangat berdampak bagi masyarakat desa Dawung itu sendiri, berdasarkan survei yang telah di laksanakan dan tercatat bahwa masyarakat desa dawung teridentifikasi mengalami penurunan imun dan psikis.

Penurunan imun dan psikis sangat nampak pada keluarga yang telah di tinggalkan orang orang terdekatnya karena Covid-19  dan pada masyarakat yang teridentifikasi positif Covid-19 dan harus mengisolasikan diri, tentu nya hal-hal tersebut menjadi tekanan tersendiri apalagi bagi mereka yang teridentifikasi memiliki penyakit bawaan seperti diabetes, jantung, dan lain lain yang rentan terpapar virus Covid-19).

Oleh karena itu , mahasiswa UNISRI program studi Bimbingan dan konseling Rizky Rachmawati yang tengah melakukan KKNT- MKMB  dibimbingan oleh DPL Dari UNISRI Dr. Herning Suryo, M.Si di Dusun Klumpit Kulon Desa Dawung memberikan sosialisasi dan membangkitkan partisipasi masyarakat yang teridentifikasi mengalami penurunan imun dan psikis juga disertai memiliki penyakit bawaan untuk turut andil dalam meningkatkan dan berpartisipasi aktif dalam menciptakan psikis dan imunitas yang baik selama masa pandemi. Kegiatan tersebut di dukung dan didampingi tenaga kesehatan setempat, polisi dan TNI. Kegiatan dilaksanakan Minggu (8/8/2021).

"Tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dan pembangkitan partisipasi masyarakat dalam membentuk imun dan psikis yang kuat adalah di maksudkan agar masyarakat  dapat bertahan dan meminimalisir kemungkinan terpapar virus Covid-19 serta memperkecil angkat peningkatan Covid-19, selain memberikan sosialisasi penguatan psikis  pada masyarakat dusun klumpit kulon desa Dawung," terang Rizky Rachmawati kepada majalahlarise.com.

Lebih lanjut dikatakan. kegiatan ini juga mengajak masyarakat untuk senantiasa mengkonsumsi minuman herbal sebagai penunjang imunitas yang kuat pada masyarakat terutama warga yang memiliki riwayat penyakit bawaan. Dengan begitu diharapan kegiatan ini memberikan dampak positif yang bermanfaat selama masa pandemi berlangsung.

Rizky Rachmawati menerangkan kegiatan dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat juga menerapkan penggunaan masker double dan diawasi oleh pihak pihak yang berwenang, masyarakat antusias dan bersemangat dalam merespon dan berpartisipasi pada kegiatan terutama para lansia dan orang orang yang memiliki penyakit bawaan dan para anggota karang taruna yang berpartisipasi dalam kegiatan. (Sofyan)


Baca juga: KKNT Unisri Menumbuhkan Kreativitas Anak Membuat Kerajinan Tangan Celengan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top