Univet Bantara Sosialisasi Sistem PRIMA Bagi Mahasiswa dan Alumni

Print Friendly and PDF

 

Wakil Rektor III Univet Bantara, Dr. Sodikin, ST, MT saat mengikuti sosialisasi sistem PRIMA secara online di ruang kerjanya. 

Univet Bantara Sosialisasi Sistem PRIMA Bagi Mahasiswa dan Alumni

Sukoharjo- majalahlarise.com -Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengadakan sosialisasi sistem PRIMA (Portofolio Mahasiswa Indonesia) diikuti mahasiswa dan alumni secara virtual. Jumat (5/3/2021).

Wakil Rektor III Univet Bantara, Dr. Sodikin, ST, MT saat ditemui di ruang kerjanya menjelaskan sistem PRIMA merupakan program dari Kemendikbud Republik Indonesia berupa sebuah sistem yang dapat digunakan untuk mencatat riwayat dan terintegrasi dengan PDDikti.

"Jadi di dalam PRIMA itu portofolio mahasiswa dan alumni  berupa biodata, kegiatan yang dilakukan selama menjadi mahasiswa. Kalau alumni biodata, riwayat pekerjaan dari satu pekerjaan ke pekerjaan lainnya. Intinya memotret sisi potensi diri, keunggulan dimiliki nantinya dihubungkan dengan dunia usaha dan industri," jelasnya.


Baca juga: Gebrakan Gudang Masak Dhuafa 60 Hari Menuju Ramadhan

Lebih lanjut, Dr. Sodikin memprediksi ketika ada lowongan CPNS bisa jadi mengambil data dari PRIMA karena datanya sangat valid terintegrasi dengan pangkalan Dikti. Sehingga nanti munculnya CV atau daftar riwayat hidup dari mahasiswa dan alumni.

"Hari ini kita lakukan sosialisasi supaya mahasiswa mulai mencicil mengisi data. Sehingga suatu saat dunia usaha dan industri membutuhkan kompetensi yang dia miliki itu menjadi salah satu yang dibutuhkan," ujarnya.

Ditambahkannya, program PRIMA ini berlaku bagi perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Sebelum ada sistem PRIMA, Univet Bantara selama ini telah memiliki Sistem Keaktifan Kegiatan Mahasiswa (SKKM) bersifat internal yang dilegalkan pejabat Univet Bantara Sukoharjo.


Baca juga: Tingkatkan Kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, Univet Launching Simlitabmas dan SPADA

Dalam sosialisasi, Kepala Unit Bimbingan Konseling dan Karir, Hamda Kharisma memaparkan penggunaan aplikasi PRIMA bagi mahasiswa dan alumni.

"Manfaat PRIMA bagi mahasiswa dan alumni dapat melihat data detail PDDikti terkait data yang dilaporkan perguruan tinggi, mencatat portofolio, CV digital. Bagi perguruan tinggi melacak alumni dan mengukur indikator luaran, bagi dunia usaha dan industri yaitu mendapatkan talent sesuai dengan portofolio yang diinginkan. Sedangkan bagi publik sebagai directorat alumni," ungkapnya.

Kemudian, Hamda Kharisma menjelaskan manfaat PRIMA bagi PDDikti yaitu melengkapi atribut data mahasiswa, memperbaiki kualitas data PDDikti melalui feedback dari mahasiswa ke perguruan tinggi apabila data yang dilaporkan tidak sesuai. Mengukur indikator masa tunggu, kegiatan dan kegiatan kampus merdeka. (Sofyan)


Baca juga: Diusia 93 Tahun, H Soeroso BA Bercerita Masa Perjuangan Mendirikan Univet Bantara




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top