FKIP Univet Bantara Umumkan Pemenang Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2022

Print Friendly and PDF

 

Dekan FKIP Univet Bantara, Singgih Subiyantoro, S.Pd, M.Pd bersama panitia dan dewan juri saat mengumumkan pemenang lomba media pembelajaran tingkat nasional 2022.

FKIP Univet Bantara Umumkan Pemenang Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2022

Sukoharjo- majalahlarise.com -Panitia Lomba Media Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2022 mengumumkan para pemenang lomba yang diselenggarakan oleh FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo. Senin (9/5/2022) secara daring.

Dekan FKIP Univet Bantara, Singgih Subiyantoro, S.Pd, M.Pd saat ditemui usai acara pengumuman pemenang lomba menyampaikan lomba media pembelajaran yang dilaksanakan sudah ke-7 kalinya. Lomba pertama tahun 2016 masih level lokal atau tingkat universitas terdekat. Pada tahun 2020 ditingkatkan menjadi level nasional.

"Kita sudah ke tiga kali melaksanakan level nasional pada tahun 2020, 2021 dan 2022 peserta banyak dari berbagai kampus dan berbagai provinsi. Khususnya tahun kemarin sampai 150 peserta sedangkan tahun ini sedikit menurun karena bertepatan bulan Ramadan banyak kegiatan di luar. Namun peserta masih di atas 100 yakni 106 peserta dari beberapa universitas di Indonesia," terangnya.

Lebih lanjut disampaikan, pelaksanaan lomba tahun ini dikembangkan tingkat  SMA sederajat meskipun pesertanya belum banyak. Namun ini awalan cukup baik. Tahun depan pihaknya berharap lomba media pembelajaran tetap dilanjutkan dengan kategori lebih kreatif.

Baca juga: Halal Bi Halal dan Silaturahim Keluarga Besar SMAN 1 Pracimantoro, Saling Memaafkan Menumbuhkan Kasih Sayang

"Tadi ada masukkan ada game enginer dan level SMA derajat tetap mengikuti supaya mereka mengenal dunia kampus sekaligus sebagai wahana untuk sosialisasi FKIP," ujarnya.

Disinggung mengenai materi lomba, pria yang akrab disapa pak Singgih ini menerangkan untuk materi lomba media pembelajaran cukup luas ada dari pra sekolah, sekolah dasar sekolah menengah bahkan sampai perguruan tinggi. Media pembelajaran ada video, game, alat sederhana yang fungsinya bisa membantu proses pembelajaran dan untuk topik bebas.

"Syarat lomba diantaranya gratis alias tidak dipungut biaya, diperuntukkan mahasiswa dari perguruan tinggi seluruh Indonesia negeri dan swasta, semester 1-8 mahasiswa aktif. Untuk SMA dibuka seluas-luasnya tidak ada persyaratan khusus yang terpenting media pembelajaran tidak melanggar hak cipta, media original yang ditujukkan ada surat kesanggupan dan tanda tangannya yang menyatakan media original yang dibuat.

Disampaikan pula, pelaksanaan lomba media pembelajaran sejak tahun 2020 sampai 2022 dilaksanakan secara online dengan memberikan kisi-kisi indikator penilaian media pembelajaran layak, memiliki nilai yang tinggi. Seperti dijelaskan oleh dewan juri ada kategori indikator visual dan kategori navigasi.

"Kategori visual yaitu bagaimana pemilihan warna, penggabungan warna, sisi ruang atau space, besar huruf, besar gambar, kejelasan dan sebagainya. Sedangkan navigasi terutama yang game dan multimedia pembelajaran membutuhkan yang sederhana dan mudah digunakan untuk banyak orang, fokus penggunanya guru dan siswa sesuai sasarannya prasekolah, sekolah sekolah dasar, sekolah menengah, perguruan tinggi disesuaikan dengan karakteristik dan kelengkapan media basis silabus RPP maupun tujuan media pembelajaran.

"Media pembelajaran yang masuk ke kami sangat variatif atau media yang memang benar-benar dirancang dibuat secara khusus untuk mengikuti lomba. Kami melihat banyak media pembelajaran yang hanya sekedar dikirimkan artinya tugas mata kuliah, tugas sekolah itu dikirimkan. Sehingga belum memenuhi kriteria atau indikator dari media pembelajaran yang kami tentukan. Sehingga potensi untuk menang cukup rendah. Kalau direncanakan dari awal disesuaikan dengan karakteristik para pengguna, disesuaikan dengan indikator yang kami tentukan peluang menang cukup tinggi," jelasnya.

Pihaknya berharap para peserta tahun-tahun yang akan datang perlu memperhatikan setiap indikator media pembelajaran yang sudah ditentukan oleh panitia. "Ikuti kreasikan karyanya," harapnya.

Adapun para pemenang lomba media pembelajaran tingkat nasional sebagai berikut:

JUARA KATEGORI VIDEO PEMBELAJARAN

Juara 1: MELA MINKHATUL MAULA (Universitas Pendidikan Indonesia) judul Video Pembelajaran Mengenal Anggota Tubuh kelas 1 SD. 

Juara 2:  FARADILLA AYU MIRANTI (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo) judul Bangun Ruang Sisi Lengkung (Tabung) Kelas 9 Semester Genap.

Juara 3: TRIANA WIJAYANTI (Universitas Negeri Semarang) judul Media Pembelajaran IPS.

Juara Harapan 1: MARCHELL EKAYANA DESANTA (Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo) judul Daur Hidup Hewan.

Juara Harapan 2: RASHIKA ARDAFA SAHILA (Universitas Ahmad Dahlan) judul Bhineka Tunggal Ika.

JUARA KATEGORI GAME PEMBELAJARAN

Juara 1: KAFFAH HEMAS SAFITRI (IAIN Syekh Nurjati Cirebon) judul GIM EDUKASI CERPEN.

Juara 2: ROSA RAHAYU MINTARSIH (Universitas Ahmad Dahlan) judul Dokterku Cerminanku.

Juara 3: ADITYA RINI KUSUMANINGPURI (Universitas Muhammadiyah Surakarta) judul Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Statistika kelas VI Sekolah Dasar.

Juara Harapan 1: ARYA TATA PRABAWA (Universitas Veteran Bangun Nusantara) judul Grammar Conquest.

Juara Harapan 2: ALIYATUN NAZIRAH (Universitas Muhammadiyah Purwokerto) judul E-BOOK INTERAKTIF BERBASIS RADEC.

JUARA TINGKAT SMA/SMK

Juara Umum Tingkat SMA: HUDA ABDUL MAJID (SMA 1 Semarang) judul Yuk Belajar Kuartil Desil Persentil Bareng Gatotkaca.

Jurnalis: Sofyan

Editor: Den Bagus


Baca juga: Alumni SMPN 8 Solo Angkatan 79-80 Gelar Temu Kangen Paseduluran Sak Lawase







Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top