Rumah Cerdas Univet Bantara, Bentuk Pengabdian Mahasiswa KKN Univet Bantara kepada Masyarakat

Print Friendly and PDF

Havila Sherina Putri bersama anak-anak di RCU.

Rumah Cerdas Univet Bantara, Bentuk Pengabdian Mahasiswa KKN Univet Bantara kepada Masyarakat

Sukoharjo- majalahlarise.com -KKN atau Kuliah Kerja Nyata merupakan kegiatan pengabdian yang dilakukan mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan mahasiswa secara interdisipliner bidang ilmu, institusional, dan kemitraan sebagai wujud Tri Dharma perguruan tinggi.

Havila Sherina Putri, mahasiswa KKN dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melaksanakan kegitan KKN di Kampung Genting, RT 02 RW 03, Kelurahan Banmati, Sukoharjo. Kegitan ini dilakukan selama 45 hari, yaitu dari tanggal 1 Februari - 17 Maret 2022.

Program RC-UVBN yang dilaksanakan berupa program di bidang pendidikan dan kesehatan. Pada program pendidikan ‘Rumah Belajar’ menjadi program utama. ‘Rumah Belajar’ adalah kegiatan yang dilakukan untuk membantu anak-anak di kampung Genting dalam bidang pendidikan. kegiatan yang dilaksanakan seminggu sekali ini diharapkan bisa membantu anak-anak dalam mengerjakan tugas sekolah pada situasi pandemi saat ini.

Pada program kesehatan, bergabung dengan kader posyandu menjadi cara untuk membantu masyarakat dalam bidang kesehatan. Program ini bekerjasama dengan bidan desa setempat. Kegiatan posyandu merupakan kegiatan rutin yang dilakukan sebulan sekali. Walaupun wilayah KKN hanya berpusat di kampung Genting RT 2 RW 8 Kelurahan Banmati saja, tapi untuk kegitan posyandu ini lingkup kegiatan menjadi lebih luas, yaitu menjadi beberapa daerah di kelurahan Banmati. Posyandu yang ada di kelurahan Banmati merupakan posyandu balita dan lansia. 

Program-program ini diharapkan mampu memberikan manfaat kepada masyarakat tempat kegiatan KKN berlangsung serta memberikan pengalaman untuk mahasiswa KKN dari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Kegiatan ini menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa KKN dalam menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan ke masyarakat umum. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top