KKN Univet 2021, Sosialisasi Cara Mengoperasikan Aplikasi PeduiLindungi

Print Friendly and PDF

Lis Nur Fatimah saat sosialisasi mengoperasikan Aplikasi PeduiLindungi kepada warga Dusun Randusari.

KKN Univet 2021, Sosialisasi Cara Mengoperasikan Aplikasi PeduiLindungi

Boyolali- majalahlarise.com -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Mandiri dari Prodi 3 Rekam Medis dan Informasi Kesehatan (RMIK), Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo melakukan sosialisasi cara mengoperasikan Aplikasi PeduiLindungi kepada warga Dusun Randusari RT 07/ RW 05 Karanggeneng Boyolali pada 27 September 2021. 

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pemanfaatan PeduliLindungi juga penting dalam penerapan perpanjangan PPKM, di mana pemerintah melaksanakan beberapa uji coba penyesuaian aktivitas masyarakat. Salah satunya, sebagai fungsi skrining untuk memasuki suatu tempat atau √°rea. Melalui aplikasi PeduliLindungi, orang tersebut dapat diperiksa status vaksinasinya, hasil tes virus, atau apakah ada kontak eratnya dengan pasien COVID-19.

Sosialisasi cara mengoperasikan aplikasi PeduliLindungi dilakukan oleh mahasiswa KKN Mandiri Desa Karanggeneng. Mahasiswa mendatangi masyarakat serta mendemontrasikan cara mengoperasikan aplikasi PeduliLindungi dari membuat akun hingga menggunakan fitur-fiturnya.

Mahasiswa yang melaksanakan KKN Mandiri UNIVET Sukoharjo, Lis Nur Fatimah mengatakan kegiatan ini adalah salah satu Program Kerja Utama dari rangkaian kegiatan KKN. Kegiatan ini dilaksanakan karena melihat masih minimnya masyarakat yang sudah bisa mengoperasikan aplikasi PeduliLindungi. 

Salah satu warga Dusun Randusari, desa Karanggeneng , Siyama Warti berterimakasih dengan adanya kegiatan sosialisasi cara menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Mandiri UNIVET.

“Tentunya sangat membantu sekali. Ada banyak sekali kegiatan yang dilakukan. Salah satunya cara menggunakan aplikasi ini (PeduliLindungi) ini, saya jadi tau dan bisa menggunakan fitur-fitur yang ada. Jadi kalau saya bepergian jadi tenang," ujarnya.

Hal serupa juga disampaikan warga lainnya, yakni Ibu Khusnul Khotimah. Dengan diadakanya  sosialisasi ini warga masyarakat jadi lebih mengerti dan bertambah wawasan. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top