Fakultas Ekonomi Universitas Veteran Bangun Nusantara Selenggarakan Pelatihan Survey Kepuasan Pelanggan Pada Mitra UMKM Coffee Shop Cekopi

Print Friendly and PDF

Suasana kegiatan ketika tahap sosialisasi konsep survey kepuasan pelanggan dilaksanakan.

Fakultas Ekonomi Universitas Veteran Bangun Nusantara Selenggarakan Pelatihan Survey Kepuasan Pelanggan Pada Mitra UMKM Coffee Shop Cekopi

Sukoharjo-majalahlarise.com-Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ekonomi beserta Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Veteran Bangun Nusantara menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan survey kepuasan pelanggan pada mitra UMKM coffee shop Cekopi yang terletak di Jalan Mendungan No. 13, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo.

Kegiatan yang diikuti oleh peserta dari pengelola dan karyawan UMKM coffee shop Cekopi ini dilaksanakan dalam enam tahap kagiatan, yaitu: sosialisasi konsep survey kepuasan pelanggan, merancang kuesioner dan format, merancang prosedur sampling, menyiapkan data, menginterpretasikan hasil survey, serta penyusunan arsip atau dokumentasi kegiatan survey kepuasan pelanggan.

Kegiatan diawali adanya keinginan dari pihak pengelola coffee shop Cekopi   untuk menggali kebutuhan, keinginan, dan perilaku pelanggan sebagai dasar untuk pengembangan bisnis mereka di masa mendatang. Namun, cekopi belum memiliki pengetahuan yang cukup terkait dengan pelaksanaan survey kepuasan pelanggan. Hal ini dikarenakan cekopi belum pernah melaksanakan kegiatan tersebut sebelumnya.

Kegiatan riset pasar yang telah terlaksana sebelumnya, hanya dilakukan untuk mengidentifikasi pelanggan potensial serta belum terstruktur dan terarsip dengan baik. Dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan riset pasar melalui survey kepuasan pelanggan yang terstruktur dan terdokumentasi dengan baik merupakan hal krusial bagi cekopi.

Ketua pengabdian, Salman Faris Insani, S.E.,M.M. mengatakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini merupakan salah satu komponen penting dari Tridharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan oleh seorang dosen, selain kegiatan mengajar dan penelitian.

“Metoda survey dipilih karena beberapa kelebihan yakni kuesioner relatif mudah untuk dikelola. Data yang diperoleh dapat dipercaya, karena tanggapan terbatas pada alternative yang dinyatakan. Penggunaan pertanyaan dengan tanggapan dapat mengurangi variabilitas hasil yang mungkin disebabkan oleh pewawancara yang berbeda. Terakhir, penetapan kode, analisis, dan interpretasi data nya relatif sederhana” jelas Faris kepada media. Jumat (22/11/2019).

Surya Kusuma Raharjo, SH selaku pemilik dari coffee shop Cekopi   mengungkapkan sangat berterima kasih atas penyelenggaraan kegiatan ini.

"Sangat membantu kami dalam pelaksanaan survey kepuasan pelanggan secara mandiri dan berkala di masa mendatang," katanya.

Agung Putra Wibowo, salah satu peserta dalam pelatihan tersebut menambahkan, kegiatan ini secara tidak langsung juga menunjukkan bukti komitmen kami kepada kebutuhan dan keinginan pelanggan.

"Harapannya, ke depan pelanggan coffee shop Cekopi akan semakin puas, dan loyal terhadap coffee shop ini," harapnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top