Unisri Gelar LKMM Bagi Ormawa

Print Friendly and PDF

Wakil Rektor Bidang III, Dr. Sutoyo, M.Pd saat memberi sambutan dan membuka LKMM Ormawa

Unisri Gelar LKMM Bagi Ormawa

Solo-majalahlarise.com-Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar LKMM (Latihan Ketrampilan Manajemen Mahasiswa), bertempat di Hotel Pondok Sari 1 Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar selama tiga hari. (15-17/2/2019).

Ketua pelaksana, Sri Welas Asih, dalam rilis menyampaikan tujuan penyelenggaraan LKMM untuk membekali para pengurus organisasi kemahasiswaan (ormawa) agar dapat mengelola organisasi, menyusun program kerja dan menyelenggaraan kegiatan secara  efektif.

"Kegiatan  diikuti 50 peserta, terdiri para pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan lembaga mahasiswa terkait dari 6 fakultas yang ada dilingkungan Unisri. LKMM ini terjadual dan dilakukan secara berkesinambungan," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan Sri Welas Asih, selama tiga hari mahasiswa diberikan materi berupa SOP (Standar Operasional Prosedur), AD/ ART Organisasi, Perumusan gagasan awal dan penjabaran rencana kerja seperti (perumusan gagasan, teknik penyusunan proposal, teknik pembuatan laporan, dan kepanitian), Administrasi keuangan seperti (anggaran pendapatan organisasi, anggaran belanja organisasi  dan laporan keuangan organisasi), Konsep diri dan mental mahasiswa seperti ( pembinaan karakter dan kepribadian, pengendalian konflik dan anti radikalisme di kampus).

Selanjutnya disampaikan materi Public speaking (media dan public speaking, bermitra dengan media), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Administrasi persuratan seperti (definisi surat, bentuk-bentuk surat, fungsi surat, prosedur dan alur persuratan di Unisri, tata cara pengarsipan surat dan laporan pertanggung jawaban) dan di hari terakhir mahasiswa akan diajak outbound sebagai refreshing dan evaluasi selama awal kegiatan sampai akhir.

"Pola yang diterapkan dalam pelatihan menggunakan pendekatan melaui diskusi, simulasi, presentasi, yang dikemas secara atraktif dan komunikatif," katanya.

Dalam sambutan pembukaan, Wakil Rektor Bidang III, Dr. Sutoyo, M.Pd, menyampaikan agar  seluruh pengurus ormawa di lingkungan Unisri mampu mengelola program dan kegiatan yang telah diagendakan secara  efektif dan efisien.

"Setelah pulang dari Pelatihan LKMM, peserta mampu menerapkan ilmunya, di dalam berorganisasi di kampus, maupun di luar kampus, sekaligus sebagai bekal saat memasuki dunia kerja," pungkasnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top